Skip to main content

follow us

Galau, Antara Lanjut Nge-blog atau Hiatus?
Halo hai, sob! Sudah lama sekali sepertinya saya tidak nge-blog. Entah kenapa saya jarang sekali nge-blog, padahal saya sedang dalam masa santai  di kampus. Tapi semangat nge-blog saya seperti sudah tidak lagi ada dalam tubuh ini. Hilang semua ide-ide tulisan yang waktu zaman dulu ada ketika masih semangat nge-blog. Padahal blog ini sudah saya siapkan matang-matang!


Sebenarnya alasan kenapa saya jadi sangat jarang nge-blog adalah rasa bingung untuk mengembangkan blog ini. Terlalu banyak masukan dari banyak pihak yang membuat konsistensi saya rusak!

Beberapa sahabat nge-blog yang saya punya dan sering saya ajak konsultasi sering bilang ke saya seperti ini:
  1. "Buat blog itu jangan dengan niche gado-gado mas, susah berkembangnya dan banyak saingannya!"
  2. "Terserah sih bang mau niche gado-gado atau spesifik yang penting konsistensi dan optimasi SEO nya bagus."
  3. "Blog nggak ber-niche kurang bagus mas, soalnya pengunjung jadi pusing untuk melihat konten apa yang dicari di blog-mu."
Dan masih banyak lagi pernyataan-pernyataan lain yang intinya bersinggungan dan membuat saya bingung.

Di satu sisi saya mau blog dan tulisan-tulisan saya dilihat, dibaca dan dinikmati oleh banyak orang. Tapi di sisi lain ada keinginan kecil di hati saya untuk bisa berbisnis menggunakan media yang saya sukai, yaitu blog atau bahasa kasarnya adalah saya mau apa yang saya senang untuk saya lakukan ini bisa menghasilkan untuk saya.

Saya sering membaca kisah-kisah inspiratif untuk mengangkat lagi semangat nge-blog saya yang sudah mulai pudar dan sering sekali saya menemukan kalimat yang maknanya kurang lebih seperti ini:
Kesabaran, Keuletan dan Ketekunan Akan Melahirkan Kesuksesan.
Tapi jujur saja, saya sudah mulai nge-blog sejak tahun 2011 tapi hasilnya sama sekali nihil. Blog saya, tulisan maupun diri saya sendiri pun tidak mengalami peningkatan/ perubahan apapun. Bukannya ingin berkeluh kesah, tapi saya hanya ingin membagikan apa yang saya alami sendiri sebagai seorang blogger pemula.

Banyak saya lihat kisah-kisah blogger sukses yang hanya memerlukan waktu 3-5 tahun saja untuk benar-benar dikenal sebagai seorang blogger oleh khalayak. Tapi saya? Mungkin komunikasi dan promosi saya yang kurang.

Maka dari itu, saya meminta saran dari kawan-kawan blogger semuanya mengenai permasalahan di bawah ini:
  • Niche dari blog ini adalah gado-gado tapi update kontennya tidak sering. Jadi apa yang harus saya lakukan? Merubah niche blog ini menjadi spesifik atau tetap saja pada pilihan pertama?
  • Apa yang menurut kalian kurang dari blog ini? Apapun!
  • Konten apakah yang sekiranya kalian cari di blog saya ini?
  • Haruskah saya Hiatus?
Tolong beri saran untuk beberapa permasalahan yang sedang saya alami diatas. Saran dari kalian sangat saya tunggu sebagai masukan dan pengambilan keputusan akhir untuk saya, haruskah saya Hiatus atau perlukah saya untuk terus nge-blog?

Terima kasih untuk perhatian dan kesediaan kalian membaca artikel tidak jelas saya yang satu ini. Semoga kalian tidak merasakan kekacaubalauan yang saya rasakan saat ini. Tetap jaga semangatnya untuk menjalani hari-hari kalian dengan maksimal, ya? Last but not least, salam blogger!!

Kesuksesan yang sempurna adalah ketika orang lain juga turut sukses bersamamu. - Mazdesu

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar