Skip to main content

follow us

Masdesu – Beberapa hari yang lalu saya sempat ditanyai oleh anak-anak SMA tentang apa sih British Parliamentary Debate? Jadi dengan segala keterbatasan saya coba menjelaskan tentang itu pada mereka. Kali ini, saya ingin mencoba menjelaskannya pada kawan semua melalui tulisan saya yang apa adanya ini.

Secara garis besar ada empat jenis sistem debat yang umum digunakan yaitu British Parliamentary, Asian Parliamentary, Australian Parliamentary dan Proposal Debate. Kali ini, saya ingin membahas sedikit tentang British Parliamentary Debate.

Apa itu British Parliamentary Debate?
British Parliamentary Debate adalah sistem debat yang dilakukan oleh 4 tim. Sistem ini juga yang biasa digunakan oleh NUDC (National Universities Debate Competition), IVED (Indonesia Varsities English Debating), dan beberapa kompetisi debat ternama di Eropa dan Inggris seperti WUDC (World Universities Debate Championship) dan EUDC (European Universities Debate Championship). Dalam satu prelim, terdapat 2 tim government/ proposition dan 2 tim opposition. Urutannya adalah sebagai berikut:
  1. Opening Government Team
    - Prime Minister (first speaker)
    - Deputy Prime Minister (second speaker)
  2. Opening Opposition Team
    - Leader of Opposition (first speaker)
    - Deputy Leader of Opposition (second speaker)
  3. Closing Government Team
    - Member of Government (third speaker)
    - Government Whip (fourth speaker)
  4. Closing Opposition Team
    - Member of Opposition (third speaker)
    - Opposition Whip (fourth speaker)
For your information, opening teams (government dan opposition) biasa dikenal dengan top half team dan closing teams (government dan opposition) biasa disebut dengan bottom half team.

Seperti debat pada umumnya, pihak government adalah pihak yang setuju dengan mosi yang diangkat/ pihak yang mengajukan proposal terkait masalah yang dibawa/ pihak yang menginginkan adanya perubahan. Sedangkan pihak opposition adalah pihak yang menentang proposal yang diajukan oleh pihak government/ pihak yang tidak menginginkan adanya perubahan.

Perlu di ingat bahwa disini bukanlah debat dua lawan dua melainkan debat tiga lawan satu. Meskipun dalam debat terdapat dua tim yang berada di sisi yang sama, tidak berarti kedua tim ini saling mendukung. Mereka mengajukan proposal yang satu tujuan namun tetap bersaing untuk menjadi yang terbaik melalui penampilan masing-masing speaker. Biasanya, dalam satu ronde debat yang menggunakan sistem BP (British Parliamentary), Adjudicators/ Juri mengambil dua tim terbaik sebagai pemenangnya.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, pernah terjadi sebuah kasus dimana pemenang dari debat tersebut adalah Opening Government Team dan Opening Opposition Team. Aneh? Tentu. Tapi bukan mustahil. Ini benar terjadi di debat yang saya saksikan.

Apa saja job desk dari masing-masing speaker?
Ini juga yang ditanyakan pada saya waktu itu. Menurut pengalaman saya pribadi, tugas dari masing-masing speaker adalah seperti ini:
  1. Prime Minister, tugas dari first speaker government team adalah menjembatani alur dari debat dengan memberikan background yang jelas tentang kenapa mosi tersebut ada serta membangun argumenasi awal kenapa pihak government setuju dengan mosi.
  2. Leader of Opposition, tugasnya adalah membantah argumen yang dibawakan oleh Prime Minister. Selain itu, Leader of Opposition juga bertugas untuk membangun argumenasi awal tentang alasan kenapa kita harus menolak mosi/ proposal yang diajukan oleh government.
  3. Deputy Prime Minister, tugasnya adalah membela Prime Minister dengan mengklarifikasi bantahan dari Leader of Opposition dan juga memberikan argumen baru yang memperkuat argumen Prime Minister untuk menyetujui mosi.
  4. Deputy Leader of Opposition, sederhananya sama seperti Deputy Prime Minister. Tugas utamanya adalah membela Leader of Opposition dengan memberikan alasan terhadap sanggahan dari Deputy Prime Minister. Deputy Leader of Opposition juga bertugas untuk memberikan argumen baru yang dapat mendukung argumen Leader of Opposition untuk menolak mosi.
  5. Member of Government, sebagai member of government, kita harus mendukung proposal yang diajukan oleh Prime Minister untuk mewujudkan mosi, membela Deputy Prime Minister dari bantahan Deputy Leader of Opposition dan memperkuat argumen tim government dengan menyajikan lebih banyak informasi yang mendukung. Informasi yang disajikan oleh member of Government haruslah informasi tambahan yang belum/ tidak dibawakan oleh Prime Minister dan Deputy Prime Minister. Informasi ini biasa disebut ekstensi atau case extension.
  6. Member of Opposition, sama halnya dengan member of government, tugas member of opposition adalah menyanggah argumen member of government, mendukung argumen awal dari Leader of Opposition dan memberikan informasi tambahan/ ekstensi untuk memperkuat argumen tim oposisi.
  7. Government Whip, tugas seorang whip sama seperti third speaker dalam Australia-Asian Debate Style. Tugas utamanya adalah menyimpulkan poin-poin yang telah disampaikan oleh Prime Minister, Deputy Prime Minister, dan Member of Government. Selain itu, Government Whip juga bertugas untuk melakukan sanggahan terhadap semua argumen yang telah disampaikan oleh pihak oposisi. Terakhir, seorang whip harus merangkum apa yang terjadi di debat tersebut dengan mengunggulkan government dalam argumennya.
  8. Opposition Whip, tugasnya kurang lebih sama dengan government whip, yaitu menunjukkan poin-poin yang telah disampaikan oleh pihak oposisi, menyanggah argumen dari pihak government dan menyimpulkan hasil dari debat.
Dalam beberapa event, aturan tentang whip biasanya berbeda-beda. Aturan yang umum digunakan adalah whip tidak diperkenankan membawa argumen baru. Namun, di beberapa perlombaan debat, ada juga yang memperbolehkan dengan catatan tidak akan diberi nilai penuh karena argumen yang dibawa oleh whip tidak bisa disanggah karena whip adalah speaker penutup.

Secara sederhana, sistem debat BP adalah seperti berikut ini: (mohon maaf untuk gambarnya)


ATURAN MAIN
Seperti yang saya bilang sebelumnya, aturan dalam debat itu berbeda-beda, namun umumnya dalam British Parliamentary Debate Style,  aturannya adalah seperti ini:
  • Case building dilakukan selama 15-20 menit.
  • Setiap speaker mempunyai waktu untuk berbicara 5-7 menit.
  • Satu menit pertama dan satu menit terakhir disebut dengan protected time, yaitu waktu aman dimana POI tidak diperbolehkan.
  • POI (Point of Information) dapat dilakukan dalam bentuk pertanyaan/ pernyataan dengan durasi maksimal 15 detik.
Umumnya seperti itulah aturan main untuk British Parliamentary Debate Style. Namun, kembali saya ingatkan, perbedaan aturan mungkin saja terjadi tergantung penyelenggara.

Point of Information (POI)
Point of Information adalah interupsi yang dapat dilakukan oleh seorang debater untuk memberikan pertanyaan atau pernyataan terhadap apa yang di sampaikan oleh speaker. Waktu yang diberikan adalah 10-15 detik. Debater baru diperbolehkan untuk menyampaikan point of information mereka apabila speaker memberikan kesempatan. Apabila speaker tidak memberikan kesempatan maka debater diharuskan untuk diam.

Etika dalam menyampaikan point of information adalah dengan cara hanya mengangkat tangan atau mengangkat tangan sembari berdiri. Tak salah jika mengangkat tangan sambil mengatakan "POI" atau "point of information, sir" atau yang lainnya, namun lebih baik untuk dihindari. Hal itu karena dapat mengganggu speech dari speaker.
Artikel ini saya buat sebagai ungkapan rasa syukur saya karena SMA saya dapat menjadi juara English Debate (British Parliamentary Style) yang diadakan di STKIP Pasundan Cimahi pada tanggal 26 Februari 2017. Meskipun saya tidak ikut serta dan bukan saya yang menjadi pemenang, namun sebagai alumni, saya merasa bangga dengan prestasi tersebut. Semoga prestasi tersebut dapat menjadi awal untuk prestasi-prestasi lainnya di masa mendatang.




Hanya itulah yang bisa saya sampaikan. Mungkin masih ada beberapa hal yang belum sempat saya jelaskan. Untuk yang masih bingung tentang British Parliamentary Debate atau ingin menanyakan sesuatu tentang BP Style, mari kita diskusi di komentar di bawah.
Sebaik-baiknya pelajar adalah yang mengajarkan dan sebaik-baiknya ilmu adalah yang diajarkan. - Masdesu


Referensi:
  • https://en.wikipedia.org/wiki/British_Parliamentary_Style
  • http://www.wikihow.com/Debate-(British-Parliament-Style)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar