Skip to main content

follow us

Cara Mudah Membuat Teks Terbalik
Masdesu - Halo hai, sob! Kalian pernah tidak menemukan tulisan yang hurufnya terbalik? Pernah? Menurut kalian susah nggak sih bikin tulisan terbalik? Jawabannya nggak, kawan. Membuat tulisan terbalik sangatlah mudah. Kali ini saya akan menjelaskan caranya.

Sebelumnya pastikan tidak ada dalam hati kalian sedikit pun perkataan seperti,
"Ngapain sih ngebalik-balikin tulisan, kaya anak alay!"
"Nggak penting nih..."
"Nggak berguna nih..."
Atau kata-kata lainnya yang jujur bikin sakit hati waktu dibaca.

Kalau kalian ingin tahu, alasan saya membuat postingan ini adalah karena sampai saat ini masih ada satu atau dua orang yang masih bertanya-tanya itu cara bikin tulisan terbalik bagaimana caranya, ya? Kalian tidak, ya bisa saja, tapi percayalah masih ada orang yang ingin mencoba variasi ini. Jadi mari kita pelajari bersama.

Sebenarnya untuk membuat tulisan terbalik cukuplah mudah. Kita hanya perlu menggunakan aplikasi yang sudah banyak disediakan di jagat maya ini. Untuk kalian yang ingin bereksperimen sendiri, silahkan kalian cari di mbah Google dengan kata kunci "reverse text" (tanpa tanda kutip pastinya). Nah, nanti akan muncul bermacam situs yang menyediakan tools untuk membolak-balikkan teks. Silahkan kalian coba satu persatu dan temukan aplikasi yang paling sesuai dengan diri kalian.

Namun, bila kalian tidak ingin bersusah payah, saya akan berikan sedikit tips yang menurut saya paling mudah. Setelah melakukan uji coba dengan beberapa aplikasi/ program/ situs yang menyediakan layanan serupa (aplikasi membalik teks), saya putuskan bahwa situs UpSideDownText.com adalah yang terbaik.

Note: Ini bukanlah artikel endorsement, saya mengatakannya berdasarkan hasil riset kecil-kecilan saya. Saya tidak dapat bayaran sepeserpun. Oke?

Kenapa saya katakan bahwa situs tersebut adalah situs yang terbaik? Ini adalah beberapa alasan yang saya temukan ketika mengunjungi situs tersebut:
  • Tampilan situsnya sederhana dan ringan. Ini merupakan faktor utama yang mendukung pernyataan saya. Bayangin aja, kurang dari 1 detik, webnya sudah terbuka sepenuhnya. Nggak perlu waktu lama untuk mengaksesnya.
  •  Iklan yang ditampilkan tidak berlebihan. Ini juga berpengaruh pada poin saya yang pertama, yaitu tentang kecepatan akses situs.
  • Opsi atau variasi teks yang disajikan oleh aplikasi di situs ini cukup lengkap. Ada dua opsi yang bisa dicoba, yaitu Reverses Text dan Flips Text. Jadi kita membolak-balikkan teks baik vertikal maupun horizontal. Keren nggak?
  • Ada fungsi View HTML yang mana bisa mengkonversi teks yang sudah diberi efek ke dalam bentuk HTML yang bisa digunakan dimana saja.
  • GRATIS. Well, this is not an important point, tapi untuk mempertegas aja, masih suka ada aja yang ngebohongin orang yang 'buta teknologi' dengan menguangkan trik-trik seperti ini. Trik ini gratis untuk umum, kalian nggak perlu bayar.

Itulah beberapa poin penting yang menjadi alasan saya menggunakan layanan di situs tersebut. Kurang lebihnya mungkin bisa kita obrolkan di kolom komentar di bawah.

Sekarang, izinkan saya yang penuh dengan sesuatu ini menjelaskan cara penggunaannya.
  1. Silahkan kunjungi situs Upside Down Text.
  2. Disana nanti akan ada text box untuk kalian menulis teks apapun yang nanti ingin kalian bolak-balikkan.
  3. Pilih opsi efek teks yang kalian inginkan di bagian Text Effects.
  4. Copy hasil dari effect yang terdapat di kotak teks kedua yang ada di bawah. Kalian boleh share ke media sosial kalian, atau ke blog kalian.
  5. Selesai.

Bagaimana, mudah bukan? Untuk hasilnya sendiri, kira-kira akan menjadi seperti ini.
Reverse
?ay ,niaoD .hin igal golb-egn ialum urab ayas ,inorhayS damhkA ayas amaN

Flip
Nɐɯɐ sɐʎɐ ∀ʞɥɯɐp Sʎɐɥɹouᴉ' sɐʎɐ qɐɹn ɯnlɐᴉ uƃǝ-qloƃ lɐƃᴉ uᴉɥ˙ poɐᴉu' ʎɐ¿

Reverse + Flip
¿ɐʎ 'uᴉɐop ˙ɥᴉu ᴉƃɐl ƃolq-ǝƃu ᴉɐlnɯ nɹɐq ɐʎɐs 'ᴉuoɹɥɐʎS pɐɯɥʞ∀ ɐʎɐs ɐɯɐN

Itulah dia sedikit tips and trick yang bisa saya bagikan untuk kalian. Semoga artikel ini dapat memicu 'ke-alay-an' kalian dan rasa penasaran kalian untuk terus berkreasi. Budayakan meninggalkan jejak dengan berkomentar. Sampai jumpa di artikel saya lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar