Skip to main content

follow us

3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog
3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog - Halo hai, sob! Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog. Karena menurut saya pribadi, bila kawan bisa menghindari 3 kebiasaan ini, membangun sebuah blog yang ramai dikunjungi bukanlah hal mustahil. Apa sajakah kebiasaan itu? Yuk lanjut ke bawah.

Membangun sebuah blog yang bagus dalam artian memiliki manfaat sehingga ramai dikunjungi adalah idaman semua orang yang menekuni aktivitas blogging. Tapi acap kali para blogger ini tergesa-gesa dalam mencapainya sehingga pada akhirnya berakhir dengan kegagalan. Ada 3 kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh para blogger. 3 Kebiasaan itu adalah:

1. Tidak tahu harus diisi apa blog tersebut
Inilah masalah yang biasa dihadapi oleh seorang blogger. Seringkali ketika membuat sebuah blog kita mengkonsep sedemikian matang sampai sangat detil. Namun ketika blog sudah jadi dan aktivitas blogging sudah dilakukan, kawan kehabisan ide tulisan dan memutuskan untuk menulis hal yang sedang ada di fikiran kawan dan membuat blog yang kawan buat yang asalnya adalah blog dengan niche khusus dan tertarget menjadi blog GADO-GADO. Nah, kuncinya disini adalah konsistensi. Pastikan kawan menulis bukan karena tekanan dari orang lain apalagi hanya ikut-ikutan tapi karena memang hal tersebut memang yang kawan sukai.

Yang saya maksud adalah tulislah apa yang memang benar-benar kawan sukai. Jadi kawan tidak akan pernah kehabisan topik pembicaraan ketika hendak menulis karena memang hal yang kawan coba jelaskan melalui blog kawan tersebut adalah hal yang memang benar-benar kawan sukai dan pastinya kawan pun memahami betul tentang hal tersebut.

Meski memang sebenarnya tidak ada salahnya juga untuk membuat sebuah blog GADO-GADO. Tapi kalau kawan membuat blog ini, kawan harus benar-benar aktif nge-blog dan jangan setengah-setengah. Karena blog GADO-GADO itu sangat banyak dan jelas itu semua adalah saingan kalian. Ya, salah satunya adalah saya sendiri, hehehe. Tapi santai aja, kawan. Kalau masalah bersaing, pasti kalian menang deh karena saya belum terlalu mahir nge-blog. Itu adalah kebiasaan buruk pertama dari 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog yang akan saya coba paparkan kali ini. Lanjut!

2. Tidak tahu tujuan "Untuk apa nge-blog"?
Ini juga seringkali terjadi pada diri blogger, terutama untuk mereka yang baru terjun ke dunia per-blogging-an. Ada beberapa kasus yang saya temui ketika mereka ditanya "Kenapa abang nge-blog?" alasan mereka adalah karena :
  • Banyak yang bilang bisa ngehasilin uang jutaan dari nge-blog
  • Banyak yang bilang bisa terkenal dari blog
  • Banyak yang bilang bisa sukses dari blog

Tujuannya memang sudah bagus, tapi kalau terlalu melihat ke depan seperti itu sepertinya kurang baik juga. Kenapa? Karena blogging itu sama halnya kita membangun sebuah rumah. Awalnya kita memang membuat skema, tapi setelah itu jangan langsung membayangkan hasil rumahnya seperti apa, tapi kita harus mencoba menikmati proses pembuatan rumah tersebut. Dan juga memperhatikan kekurangan-kekurangan dari pembangunan tersebut. Akan datang waktunya kita melihat hasil dari apa yang kita bangun, tapi usahakan jangan lihat hasilnya terlebih dahulu tapi nikmatilah perjalanan menuju tujuan tersebut.

Nah, menarget sesuatu untuk blog kawan mungkin tidak salah juga, sih. Tapi carilah dulu alasan yang bener-bener membuat kawan mantap untuk menjadi seorang blogger. Karena kalau tidak itu sama halnya seperti kita sedang mengendarai sepeda motor, ketika tujuan kita tidak jelas, bisa dipastikan ada perasaan bimbang tentang mau kemana kawan mengendarai motor tersebut, arah mana yang ingin kawan ambil, karena tujuan kawan tidak jelas. Berbeda dengan apabila kawan memiliki tujuan yang jelas, maka kawan dapat dengan mudah menentukan arah mana yang akan kawan ambil dengan pola fikir "Jalur tercepat menuju tujuan". Itu lebih baik ketimbang berputar-putar tidak jelas karena tujuan yang juga tidak jelas. Oke, ini adalah poin kedua dari 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog.

3. Ingin cepat-cepat berpenghasilan dari blog
Nah ini adalah alasan yang paling sering terjadi. Banyak sekali blogger yang betanya "Situs pengiklan yang bayaran tinggi apa, ya?" tanpa mengerti apa-apa. Setelah diberi beberapa referensi oleh beberapa blogger lain lalu mereka pun menjajalnya. Namun ketika dirasa hasilnya tidak optimal dan terlalu memakan waktu akhirnya mereka pun menyerah. Itulah yang sangat-sangat salah sebenarnya.

Nih kawan saya beritahu sesuatu yang sering diajarkan master-master saya, dalam nge-blog itu kita memerlukan konsistensi dan kesabaran. Itu semua karena untuk melahirkan sebuah blog yang terbilang sukses tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena blog itu bisa sukses dengan 2 cara.
  1. Dengan cara modal uang, yaitu dengan mengiklankan blog kawan dan memperkenalkan blog kawan dengan cara diiklankan di berbagai situs pengiklan seperti Google Adwords, dan yang lainnya.
  2. Dengan cara modal tenaga, nah yang ini adalah cara yang saya tempuh, yaitu dengan bermodalkan tenaga, maksudnya adalah saya tidak memodalkan uang untuk mempromosikan nama blog saya. Saya hanya bermodalkan tenaga yang pastinya juga memakan waktu.

Nah, sekarang tinggal kawan pilih, cara mana yang ingin kawan pakai. Dan satu lagi, saya juga diajarkan kalau sebenarnya tidak ada situs pengiklan yang terbaik atau yang terburuk di dunia ini. Karena situs pengiklan apapun yang kawan ikuti nantinya, kalau memang blog kawan itu berkualitas dan memiliki tingkat traffic yang terbilang bagus, maka bayaran yang mungkin kawan dapatkan pun bisa maksimal. Itulah poin ketiga dan terakhir dari 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog.

Itulah apa yang bisa saya sampaikan tentang 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penyemangat untuk kawan-kawan blogger lainnya agar bisa memantapkan tekad nge-blog kawan. Kalau berkenan baca juga ya artikel-artikel lain yang ada di blog ini. :D Terima kasih!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar