Skip to main content

follow us

Halo hai, sob! Pertama-tama saya mau dengan senang hati bilang, welcome to this article. Kenapa? Karena artikel ini merupakan artikel dengan topik desain grafis pertama di blog ini. Semoga artikel ini bisa menjadi pemicu untuk artikel serupa di kemudian hari. Aamiin.

Baiklah, kali ini saya ingin memberikan sebuah tutorial sederhana mengenai Cara Mudah Membuat Efek Bayangan Kaca Menggunakan Photoshop CS6. Untuk lebih jelasnya, mungkin hasil dari tutorial ini adalah seperti gambar diatas.

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu kawan persiapkan, diantaranya:
  • Aplikasi Adobe Photoshop CS6, kalau nggak punya silahkan cari di Google, ada banyak. Belum punya uang untuk beli lisensinya? Pake crack dulu aja, buat belajar.
  • Sebuah komputer atau laptop yang bisa dipakai untuk install aplikasi Adobe Photoshop CS6.
  • Secangkir kopi hangat, Good Day Moccacino aja nggak usah yang mahal-mahal.
  • Niat untuk belajar, cuma niat, nggak perlu sampai cuci tangan, cuci kaki dan gosok gigi.
Oke, kalau semua yang diperlukan sudah tersedia, mari kita mulai untuk menciptakan mahakarya.
*mahakarya ndasmu!*

Pertama-tama silahkan buka aplikasi Adobe Photoshop CS6 kawan. Setelah itu silahkan buat canvas baru melalui menu File > New atau CTRL+N. Atur ukuran canvas sesuai kebutuhan serta beri nama mahakarya kawan tersebut (nggak lucu kan kalau mahakarya kawan diberi nama Untitled-1). Berikut adalah contoh setting dari canvas saya.


Setelah itu, silahkan gunakan Type Tool dengan meng-klik icon T di bagian tool atau dengan menekan T di keyboard kawan. Lalu buatlah sebuah tulisan di canvas. Silahkan variasikan penggunaan font-type dan font-size sesuai selera masing-masing. [Saran dari saya, gunakan font yang tebal dan perbesar ukurannya serta usahakan tidak menjadi dua baris.]


Setelah teks selesai ditulis, lakukan duplicate terhadap layer dari teks yang telah kawan tulis. Caranya adalah dengan mengklik-kanan layer teks kawan lalu pilih menu Duplicate Layer atau menggunakan shortcut CTRL+J.


Apabila kawan melakukannya dengan benar, seharusnya sekarang sudah ada tiga layer di Photoshop kawan. Langkah selanjutnya adalah kawan perlu me-rasterize layer teks hasil proses duplicate kawan dengan cara meng-klik kanan layer tersebut dan memilih opsi Rasterize Type.


Setelah itu, kawan perlu memberi sedikit sentuhan terhadap teks yang telah di-rasterize tadi menggunakan Free Transform Tool. Kawan bisa menggunakan tool tersebut dengan menekan tombol CTRL+T di keyboard kawan-kawan. Sentuhan pertama adalah Flip Vertical. Silahkan klik kanan teks kawan dan pilih opsi Flip Vertical yang tersedia di paling bawah menu.


Kini teks duplikat kawan sudah terbalik. Langkah selanjutnya adalah menggunakan fitur Perspective yang juga ada di menu Free Transform Tool. Tarik teks duplikat ke bagian bawah teks asli lalu atur sedemikian rupa hingga teks duplikat terlihat seperti terbaring. Bila sudah merasa sesuai, tekan ENTER atau klik tanda centang diatas kanan menu.


Kini kawan perlu memberi efek agar bayangannya terlihat lebih natural. Langkah pertama adalah memberi layer mask pada teks duplikat dengan cara mengklik tombol Add Layer Mask yang ada di bagian bawah menu layers.


Setelah itu gunakan Gradient Tool dan tariklah garis di bagian tengah teks duplikat dari bawah ke atas seperti tanda yang saya berikan berikut. Sebelumnya pastikan bahwa warna dari Foreground color adalah hitam dan background color nya putih.


Voila. Sudah jadi, sebuah teks dengan efek bayangan kaca sederhana ala Mazdesu. Kawan masih bisa mengkreasikannya dengan memanfaatkan Blending Options dan juga efek dari Filter lainnya. Namun kurang lebih hasilnya seperti ini.

Demikian tutorial Cara Mudah Membuat Efek Bayangan Kaca Menggunakan Photoshop CS6 dari Mazdesu . Semoga dapat membantu. Bila ada kesulitan atau penjelasan yang kurang dipahami, kolom komentar terbuka selamanya untuk kawan. Sampai jumpa di artikel saya lainnya.

Selamat berkarya dan salam blogger.


Ilmu itu bukan virus, jadi tak perlu takut atau ragu untuk membagi dan menularkannya. - Mazdesu

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar