Skip to main content

follow us

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Blog
Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Auhtority (PA) Blog – Halo hai, sob! Sejak beberapa hari yang lalu saya belajar tentang apa itu Page Authority dan Domain Authority. Dari hasil belajar iseng-iseng saya tersebut, saya pun sampai di suatu pemahaman. Kali ini saya memang sengaja ingin membahas tentang hal ini. Mungkin sudah banyak blogger lain yang membahas dua hal ini. Namun, disini saya ingin mencoba menjabarkannya versi saya sendiri.

Saya rasa cukup dengan pengenalannya. Mari kita langsung masuk ke topik pembahasan. Sebelumnya apa kalian tahu apa itu domain authority dan page authority? Untuk kalian yang belum tahu apa itu domain authority dan page authority, izinkan penulis tak berpasangan ini menjelaskan sedikit tentang hal tersebut. Domain authority dan page authority adalah barometer atau acuan yang diberikan oleh Google terhadap website kita apakah website kita memiliki kepercayaan lebih di mata pengunjung maupun Google. (JuraganReview, 2014)

Intinya, semakin tinggi angka domain authority dan page authority blog/ web kita, semakin besar kemungkinan blog/ web kita bisa majang di page one Google dan search engine lainnya dan semakin cepat juga mesin pencari mengindeks postingan di blog/ web kita.

Penilaian dari domain authority dan page authority adalah dengan menggunakan skala logaritmik dari 0-100. Konon katanya, untuk mencapai angka 20 masih dapat dibilang mudah. Namun, untuk seterusnya, 21-50, sudah terbilang menantang. 50-75 adalah blog/ web yang mungkin sudah berskala nasional dengan trafik yang stabil di angka puluhan ribu per hari. 76-100 sudah dibilang blog berskala internasional/ sangat besar yang mungkin mempunyai trafik dengan angka ratusan hingga jutaan ribu per hari. Blogger sendiripun dengan domain andalannya blogspot.com baru mencapai angka 90 lebih. So, we can call this as a challenge, don’t we?

Pertanyaannya sekarang adalah ‘bagaimana cara meningkatkan domain authority dan page authority blog/ web kita?’ iya, kan? Oke, mari kita bahas perihal ini sekarang. Usut boleh usut, dari beberapa referensi yang saya baca, ada beberapa hal yang mempengaruhi domain authority dan page authority blog/ web kita. Berikut penjelasannya.

DOMAIN AUTHORITY
Domain Authority atau Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. (Pebriyana, 2014) Ada beberapa aspek yang katanya berpengaruh terhadap domain authority suatu blog/ web. Hal tersebut antara lain:

Usia domain
Menurut sumber yang saya temukan, yang dimaksud usia domain adalah rentan waktu domain ini diaktifkan hingga domain ini mati/ expired. Semakin tua usia domain-nya, maka semakin besar pula kemungkinan meningkatnya domain authority dari blog/ web tersebut. Hal ini dikarenakan, search engine menganggap bahwa blog/ web dengan domain yang terus diperpanjang oleh pemiliknya mempunyai kredibilitas. Hal itu dilihat dari konsistensi si pemilik domain. Masdesu sendiri belum genap berumur satu tahun semenjak saya mempublikasi artikel ini. Maka dari itu, dari aspek yang satu ini, saya tidak bisa bicara banyak.

Popularitas domain
Aspek kedua yang berpengaruh terhadap domain authority suatu blog adalah popularitasnya. Popularitas suatu domain diukur oleh seberapa banyak inbound link (link masuk) yang dimiliki oleh domain tersebut. Apa itu inbound link? Saya akan siapkan artikel khusus untuk pembahasan tersebut.

Ukuran domain
Ukuran yang dimaksud disini adalah ukuran blog/ web itu sendiri. Seberapa banyak konten yang dimiliki oleh blog/ web, itulah yang menjadi bahan pertimbangan karena konten juga akan mempengaruhi pada berapa banyak inbound link (link masuk) yang didapatkan oleh blog/ web tersebut. Sederhananya, semakin banyak konten blog kita, maka semakin besar juga domain authority blog/ web kita.

PAGE AUTHORITY
Page Authority atau Otoritas Halamana dalah istilah SEO digunakan untuk menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu dari situs Anda akan ditemukan di mesin pencari. (Pebriyana, 2014) Sama halnya dengan domain authority, page authority penting untuk suatu blog. Yang membedakan domain authority dengan page authority adalah optimasinya. Page authority lebih fokus pada optimasi setiap halaman yang ada di blog/ web. Dan dalam penilaian page authority, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, yaitu:
Keaslian konten
Ya, mungkin kita sudah sering mendengar tentang hal ini. Konten orisinil buatan kita sendiri akan lebih bernilai ketimbang konten hasil copy-paste. Mengapa demikian? Karena target dari artikel kita adalah pembaca dan seperti yang kita ketahui pembaca adalah manusia. Yang namanya manusia, pastilah akan jenuh jika menemukan konten yang isinya itu-itu saja, betul tidak?

Selain itu, sudah sejak lama search engine seperti Google memperbaharui algoritmanya dan Google berusaha untuk menyingkirkan blog/ web yang memiliki kualitas konten yang buruk. Google pun memberitahu tipikal konten yang dianggap baik dengan kriteria seperti ini:
  • Konten berisi informasi baru dan menarik
  • Situs atau blog yang sering diperbarui
  • Kata kunci yang rinci, relevan dan bermanfaat, serta
  • Berkualitas dan menyenangkan untuk dibaca. (Blogooblok, 2015)
Jadi pastikan kita mengisi blog kita dengan konten-konten yang memenuhi kriteria diatas, ya?

Memiliki backlink yang berkualitas
Sama halnya dengan domain authority, setiap halaman yang ada di blog/ web kita juga harus mempunyai backlink, yaitu link yang tertuju ke halaman-halaman yang ada di blog/ web kita. Semakin banyak link yang menuju ke halaman blog/ web kita, itu akan semakin baik. Namun jangan lupa bahwa backlink tersebut haruslah berkualitas. Seperti apakah backlink yang berkualitas itu? Singkatnya backlink yang berkualitas adalah link yang didapatkan dari situs-situs besar dan terpercaya. Untuk lebih lengkapnya akan saya buatkan postingan khusus mengenai hal ini nanti.

Gambar dan vidio
Menarik perhatian pembaca, dalam dunia bisnis ada istilah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Gambar adalah salah satu alat untuk menarik perhatian (attention) orang. Jadi, dengan menggunakan gambar yang menarik dapat membantu konten blog/ web kita menjadi lebih memikat. Namun pastikan bahwa gambar yang kita gunakan itu mewakili konten blog/ web kita. Jangan sekedar click-bait image saja.

Manfaatkan juga gambar yang ada di blog/ web kita untuk menggaet perhatian mesin pencari dengan cara melakukan optimasi SEO terhadap setiap gambar yang ada. Caranya? Mudah saja. Kita tinggal menambahkan atribut ALT dan TITLE pada gambar yang ada di blog/ web kita. Jika kita merasa kesulitan untuk melakukannya, saya akan buatkan penjelasannya di lain kesempatan.

Dan juga bila kita punya kemampuan dalam hal video editing, buatlah vidio yang menarik yang berkaitan dengan artikel di blog kita. Hal ini juga bisa menjadi nilai tambah untuk konten blog/ web kita. Misalnya kita unggah vidio kita tersebut ke Youtube dan menautkan vidio tersebut ke artikel blog/ web kita melalui kolom deskripsi yang tersedia. Dengan begitu, kita dapat menambah jumlah inbound link juga, kan?

So, Apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan DA & PA blog kita?
Secara singkat, beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan domain authority dan page authority blog/ web kita antara lain:
  1. Optimasi On-page SEO blog, untuk penjelasan lebih lanjut tentang poin yang satu ini, dapat kalian baca di artikel yang bertajuk Pengertian SEO Off-Page dan SEO On-Page.
  2. Blogwalking, yaitu aktivitas saling mengunjungi dengan sesama blogger untuk meningkatkan trafik ke blog/ web kita. Untuk penjelasan tentang blogwalking dan tata caranya dapat kalian lihat di artikel saya yang berjudul Manfaat Blogwalking dan Tata Cara Blogwalking yang Baik.
  3. Submit blog/ web kita ke web directory, hal ini bertujuan untuk menambah inbound link blog/ web kita. Berhubung ada banyak sekali web directory di internet, nanti akan saya buatkan postingan terpisah khusus untuk membagikan daftar web directory yang bisa kalian coba.
  4. Submit blog/ web kita ke social bookmarking, langkah yang satu ini sama halnya dengan melakukan submit ke web directory, tujuannya adalah untuk mensosialisasikan blog/ web dan konten blog/ web kita dan juga menambah inbound link. Untuk link situs social bookmarking-nya nanti akan saya share di postingan lainnya. Jadi, harap bersabar, ya?
  5. Promosikan blog/ web dan konten blog kita melalui media sosial, khususnya media sosial besar seperti Facebook, Google+, Twitter, Instagram, LinkedIn dan media sosial lainnya yang mungkin kalian miliki. Saya sendiri aktif mempromosikan Masdesu di beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan Line@. Mungkin ada yang ingin mencobanya?
  6. Update artikel blog secara rutin. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Google sangat menyukai blog/ web yang rutin diperbaharui apalagi dengan konten-konten yang baru dan menarik yang dibawakan secara rinci dan enak dibaca. Jadi, rajin-rajinlah meng-update blog/ web kalian dengan konten-konten yang berkualitas tentunya.
  7. SABAR, jangan tergesa-gesa. Hal ini sangat penting karena jika kita ‘rusuh’, maka kita akan jatuh ke kondisi ‘over-optimization’ dan bukannya berimbas positif, hal tersebut malah dianggap spamming dan berujung blacklisted oleh search engine. Kita tidak mau kan, blog/ web kesayangan kita terkena deindex oleh mesin pencari?
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang cara untuk meningkatkan domain authority dan page authority blog/ web kita.

Bagaimana cara memeriksa DA dan PA blog?
Saya sendiri biasanya menggunakan opensiteexplorer.org untuk memeriksa DA dan PA Masdesu. Namun, ada beberapa tools lain yang bisa kalian coba untuk memeriksa domain authority dan page authority blog kalian. Berikut beberapa link untuk memerika DA dan PA blog kalian:
  • http://moz.com/researchtools/ose/
  • http://www.bulkdachecker.com/
  • http://moonsy.com/domain_authority/
  • http://moonsy.com/page_authority/
  • http://smallseotools.com/domain-authority-checker/
  • http://smallseotools.com/page-authority-checker/
  • http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php
Silahkan dicek satu persatu dan temukan yang paling cocok untuk kalian gunakan.

Mungkin hanya sampai disini saja penjelasan saya tentang Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Auhtority (PA) Blog. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam meningkatkan kualitas blog/ web kalian dan semoga melalui artikel ini, blog/ web kita dapat menjadi semakin baik lagi. Kurang dan lebihnya harap dimaklumi. Untuk kritik/ saran/ pertanyaan silahkan kalian lontarkan di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya.



Referensi:
Blogooblok. (2015). Mengenal Fungsi Domain Authority dan Page Authority. Diambil dari Blogooblok.com: http://www.blogooblok.com/2015/02/mengenal-fungsi-domain-authority-dan.html
JuraganReview. (2014). JuraganReview.com – Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority. Diambil dari JuragaReview.com: https://juraganreview.com/1153/cara-meningkatkan-domain-authority-dan-page-authority.html
Pebriyana, F. (2014). Apa Itu Domain Authority dan Page Authority. Diambil dari Ficri Pebriayana Blog: http://www.ficripebriyana.com/2014/07/apa-itu-domain-authority-dan-page-authority.html

Gambar diambil dari https://www.losangelesseoservices.com/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar