Cara Set Reminder Istirahat dari YouTube

Cara Set Reminder Istirahat dari YouTube
YouTube seringkali membuat kita lupa waktu. Itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa memanfaatkan fitur reminder yang disediakan oleh YouTube. Dengan mengaktifkan fitur ini, aplikasi akan terhenti setelah anda mencapai batasan. Hasilnya, anda tahu kapan harus berhenti untuk beristirahat sejenak. Jika anda ingin mengaktifkan fitur reminder ini, silahkan anda ikuti panduan di bawah.

1. Buka Profil YouTube

Buka Profil YouTube
Buka Profil YouTube
Pertama, silahkan anda buka aplikasi YouTube yang ada di handphone anda. Pastikan anda menggunakan aplikasi YouTube, bukan YouTube Studio ataupun YouTube Go karena itu punya tampilan yang berbeda.  Setelah itu, silahkan anda buka halaman personal account dengan cara menekan tombol personal yang ada di pojok kanan atas.

2. Masuk Menu Pengaturan

Masuk Menu Pengaturan YouTube
Masuk Menu Pengaturan YouTube
Langkah berikutnya, silahkan anda buka menu Pengaturan/ Settings.

3. Masuk Menu General/ Umum

Masuk Menu General/ Umum
Masuk Menu General/ Umum
Lalu, anda akan melihat beberapa pilihan menu pengaturan. Silahkan anda masuk ke menu pengaturan Umum atau General.

4. Aktifkan Fitur Reminder

Aktifkan Fitur Reminder YouTube
Aktifkan Fitur Reminder YouTube
Di halaman Pengaturan Umum, di bagian atas, anda akan melihat ada fitur bernama Remind me to take a break (Ingatkan untuk beristirahat). Secara default, anda akan melihat bahwa fitur ini nonaktif. Tandanya adalah tombol switch-nya berwarna abu-abu. Silahkan anda aktifkan fitur tersebut dengan cara menekan tombol switchnya.

5. Tentukan Jangka Waktu Reminder

Tentukan Jangka Waktu Reminder
Tentukan Jangka Waktu Reminder
Tentukan durasi reminder. Misalnya anda ingin diingatkan setiap anda online di YouTube selama 1 jam, maka silahkan anda tetapkan reminder dengan waktu 1 jam. Selanjutnya, silahkan anda tekan tombol OK. Selesai.

Contoh Reminder di YouTube

Contoh Reminder di YouTube
Contoh Reminder di YouTube
Saat anda sudah mengaktifkan fitur reminder ini, maka aktivitas anda di YouTube akan secara otomatis ter-pause dengan tampilnya pesan notifikasi Time to take a break? Anda bisa memilih untuk beristirahat dengan menutup aplikasi YouTube. Anda pun bisa melanjutkan aktivitas anda di YouTube dengan menekan tombol Dismiss.

Jika anda menyetel reminder 1 jam, maka 1 jam kemudian reminder yang sama akan muncul kembali untuk mengingatkan anda untuk beristirahat.

Saya harap artikel ini bisa membantu anda menjaga kesehatan, khususnya mata anda, selama menggunakan aplikasi YouTube yang cukup membuat ketagihan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dimengerti. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Set Reminder Istirahat dari YouTube"

Post a Comment

Untuk kawan yang mau ngasih komentar, kritik, saran silahkan login akun Google kalian. Baru nanti bisa komen disini. Nggak punya? Buat~!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel