Skip to main content

follow us

Halo hai, sob~! Gimana kabar kalian? Semoga kalian selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan oleh Yang Maha Kuasa. Kali ini, saya ingin membahas sesuatu yang sempat dan masih trending sejak beberapa tahun ke belakang, yaitu cryptocurrency. (Yah, kemana aja?)

Iya maaf kalau sudah agak basi. Tapi, saya percaya tidak ada kata terlambat (apalagi untuk bersaing di Pageone Google, hehe.). Baik, kita langsung saja masuk ke topik pembahasan utama kita.

Pernah nggak kalian mendengar istilah Bitcoin? Atau pernah nggak kalian mendengar istilah cryptocurrency? Baik sebelum membahas tentang Bitcoin, kita perlu punya pemahaman tentang cryptocurrency-nya dulu.

Jadi apa itu cryptocurrency?
Secara umum, definisi dari cryptocurrency mungkin akan sama. Cryptocurrency adalah sebuah teknologi mata uang digital yang dibuat menggunakan sebuah enkripsi kriptografi tertentu untuk keamanan sehingga sulit dipalsukan. Kenapa sulit dipalsukan? Karena kode dari kriptografi itu dirancang sedemikian rumit, nggak sesederhana ‘Anna uhibuki fillah, ya ukhti.’

Kenapa cryptocurrency dikembangkan?
Alasan kenapa cryptocurrency ini dikembangkan adalah untuk mempermudah transaksi. Kenapa bisa? Karena cryptocurrency itu bukanlah mata uang yang diciptakan oleh negara yang mana berbeda-beda nilainya. Cryptocurrency itu sama seperti emas, harganya sama di seluruh dunia.

Contoh sederhananya adalah ketika kita mau membeli sebuah mobil dari Amerika seharga $10.000, maka kita harus mengkonversikan $ ke Rp terlebih dahulu, yang mana itu berarti banyak uang kertas yang kita keluarkan. Sangat tidak go green, iya nggak sih? Dengan adanya cryptocurrency ini, kita dapat membeli barang dari negara lain tanpa perlu konversi nilai mata uang karena nilai cryptocurrency sama dimanapun.

Bagaimana cara cryptocurrency ini dikembangkan?
Sederhananya, cryptocurrency dikembangkan dengan memanfaatkan satu atau dua software enkripsi super canggih yang hanya bisa dioperasikan melalui komputer super canggih yang harganya super mahal. Pokoknya untuk mengembangkan suatu cryptocurrency, diperlukan banyak hal super. Software yang dioperasikan nantinya akan menghasilkan kode-kode yang mencatat hasil transaksi dan mengoleh kode tersebut untuk pada akhirnya menciptakan coin baru.

Untuk apa cryptocurrency digunakan?
Masyarakat yang sudah familiar dengan cryptocurrency seperti Bitcoin mulai bertransaksi menggunakan cryptocurrency ini, khususnya ketika bertransaksi online. Kenapa? Karena aman, mudah, dan murah (bahkan hampir gratis).

Selain itu, untuk kalian yang punya jiwa bisnis juga bisa memanfaatkan booming-nya cryptocurrency ini dengan menerapkan sistem 'buy low sell high' atau beli coin ketika harganya sedang murah sebagai investasi, lalu menjualnya kembali saat harganya naik.

Apa saja cryptocurrency yang sudah ada?
Oke, sampai saat ini sudah sangat buanyak sekali cryptocurrency yang dikembangkan. Mungkin sudah sampai ribuan. Namun, mungkin beberapa yang sudah sukses dan cukup ternama adalah Bitcoin, Ripple, Etherum, Litecoin, dan Bitcoin Cash. Untuk lebih lengkapnya silahkan kawan periksa sendiri di Coin Market Cap.

Nah, di poin ini juga mungkin akan saya jelaskan tentang Bitcoin dan cryptocurrency. Jadi, Bitcoin adalah satu dari sekian banyak mata uang digital di dunia ini. Dengan kata lain, Bitcoin itu adalah sebagian kecil dari cryptocurrency, atau cryptocurrency itu istilah untuk memanggil Bitcoin dan kawan-kawannya. Gimana? Ngerti? Ngerti lah, ya?

Dampak dari hadirnya cryptocurrency?
Nah, dampak dari kehadiran cryptocurrency inilah yang membuat saya tertarik. Huru-hara yang diciptakan oleh cryptocurrency ini cukup besar. Gimana nggak? Di Indonesia sendiri, topik cryptocurrency ini, khususnya Bitcoin, mempunyai meja khusus dimana pemerintah ikut andil, MUI sampai bikin fatwa, Menteri Keuangan angkat bicara, mungkin nanti Presiden juga.

Cryptocurrency secara logika memang suatu hal yang berbahaya. Kenapa? Karena kita cryptocurrency mengharuskan kita mengkonversi uang riil kita ke dalam bentuk digital yang mana tidak semua orang mengerti bagaimana bentuk uang digital ini dan bagaimana sistem keamanannya.

Positifnya, ini membuka banyak sekali kesempatan bisnis baru, mulai dari yang mining, trading, sampai bisnis investasi. Selain itu, kehadiran cryptocurrency juga membuat teknologi semakin canggih dan masyarakat semakin cerdas.

Well, I think I will talk about it further in my next writing.


Dan itulah dia sedikit yang bisa saya obrolkan tentang cryptocurrency ini. Saya tahu kalau banyak sekali pertanyaan yang belum terjawab ataupun masalah yang belum terbahas. Kalau ada yang benar-benar ingin saya bahas lebih jauh, silahkan sampaikan/tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Untuk artikel dengan genre bisnis selanjutnya, yuk kita coba bahas lebih jauh tentang cryptocurrency ini. Apa itu bitcoin? Gimana cara mendapatkan bitcoin? Apa itu blockchain? Kaitannya dengan cryptocurrency?

So, that is all. Terima kasih sudah bersedia membaca. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di tulisan saya lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar