Skip to main content

follow us

Kenapa Blogger Harus Terus Nge-blog?
Halo hai, sob~!  Kawan. Pernah nggak kawan bertanya, “Ngapain sih ngeblog? Emang kita bisa sukses? Emang kita bisa berpenghasilan dengan ngeblog?”

Jujur. Jika terlintas pertanyaan seperti itu di kepala kalian, apa yang akan kalian rasakan? Pasti itu bikin kalian nge-drop, iya kan?

Saya juga sempat berpikiran seperti itu. Kalian tahu apa yang saya rasakan? Ya, saya mengalami apa yang orang sering sebut dengan writer block. Itu adalah kondisi dimana seorang penulis (novel/ artikel) tidak mempunyai motivasi maupun ide.

Stucked!

Meskipun saya mencoba untuk membangkitkan motivasi saya, tetap saja tangan ini sulit untuk merangkai kata-kata. Problem itu pada akhirnya menuntun saya untuk membuat sebuah artikel yang mungkin kurang penting juga. Artikel itu saya beri judul Galau, Antara Lanjut Nge-blog atau Hiatus?

Setelah menulis artikel itu, saya pun hiatus dari dunia per-blogging-an. Saya benar-benar meninggalkan semua hal tentang blog. Saya membiarkan blog saya tidak terurus cukup lama. Mungkin sekitar enam bulan saya melupakan blog saya.

Saya percaya. Nggak, saya yakin kawan juga ada yang pernah mengalaminya.

Lalu apa yang terjadi sehingga saya bisa kembali ke dunia per-blogging-an yang tidak menghasilkan ini?
Waktu itu saya sempat ngobrol dengan salah seorang teman saya. Dari obrolan beragam topik itu, salah satu yang dibahas adalah tentang lagu favorit. Saya ditanya tentang lagu yang saya suka dari Avenged Sevenfold, dan yang saya ketahui adalah Dear God, Seize The Day, So Far Away, Beast and The Harlot, dan Bat Country.

Lalu teman-teman saya bertanya tentang lagu Unholy Confessions, Reemissions, Eternal Rest, I Won’t See You Tonight, dan beberapa lagu Avenged Sevenfold lainnya yang kurang saya ingat.

Nah, itulah yang menjadi awal kembalinya saya ke dunia per-blogging-an.

Ngerti?

Jadi begini, dari perbincangan itu saya sadar kalau sebenarnya semua orang itu punya porsi yang sama untuk mengenal dan dikenal melalui karya. Ketika saya tanya pada kawan, tahukah kawan tentang Elvis Prisley? Lagu-lagunya? Bagaimana dengan Eminem? Tahukah kalian lagu-lagunya? Mungkin kawan tahu beberapa seperti Rap God atau Not Afraid karena memang sangat populer, tapi pernahkah kalian dengar lagu Murder Murder, atau Low Down Dirty, atau mungkin If I Had…?

Mungkin tidak.

Intinya adalah semua orang punya masanya. Kita mungkin bisa bermimpi setiap apa yang kita buat atau lakukan menjadi viral seperti halnya Raditya Dika dengan karyanya, Pidi Baiq dengan Dilan Milea-nya, ataupun Raffi Ahmad dengan track record-nya. Tapi, tak selalu mimpi itu menjadi nyata.

So, buat kalian yang juga pernah nge-blog atau sekarang masih aktif nge-blog, teruslah menulis. Teruslah berkarya. Mungkin kalian akan mempertimbangkan “Apa yang akan kalian dapatkan?”  yang mana nanti akan menuntun kalian menuju keputusasaan. Ketika itu terjadi, ingat juga bahwa setiap legenda berawal dari ketiadaan. Setiap orang terkenal pernah sekali tak dikenal. Tak semua karya akan diingat, tapi pasti ada satu yang akan mengangkatmu ke tempat yang lebih tinggi, lebih cerah, lebih baik.

So, sekali lagi saya minta dan saya harap kawan senang hati untuk melaksanakannya. Tolong! Tolong dengat sangat, jangan berhenti untuk terus berkarya karena orang-orang tanpa karya hanyalah orang yang tidak beguna. Ya, itu menurut saya pribadi, sih.

Mungkin kalian pernah mendengar sebuah petuah dari seorang legenda, Walt Disney, “If you can dream it, you can do it.” Coba pegang prinsip itu kuat-kuat dan terus melangkah maju. Pasti, meskipun tak tahu kapan, semua kerja keras dan jerih payah kawan akan terbayarkan dengan hasil yang memuaskan. Percayalah.

Semoga tulisan ini dapat memberikan sebuah motivasi bagi kawan untuk terus berkarya dalam beragam bentuk. Selamat berkarya dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar