Skip to main content

follow us

Saya Nge-blog Karena…
Halo hai, sob~! Bagaimana kabar kalian? Saya rasa dan saya harap kabar kalian selalu luar biasa.

Kali ini saya ingin sedikit sharing tentang beberapa alasan saya terus dan terus nge-blog meski nge-blog itu membosankan, meski sering blog ini sepi tanpa pengunjung sama sekali, meski blog tak menghasilkan/memberi apapun.

For your information, saya mulai mengenal dan menyenangi blog dan dunianya sejak tahun 2013. Waktu pertama saya mengenal blog, hal yang paling saya sukai adalah menambahkan bermacam-macam widget ke halaman blog saya.

Baru awal 2014-an saya memahami pentingnya kecepatan dan responsibilitas tampilan blog. Sejak saat itu hingga sekarang saya menjadikan dua faktor itu faktor penting di blog yang saya kelola.

Masalah yang sering muncul dan jadi tanda tanya besar bagi sebagian besar blogger (khususnya saya) adalah kenapa dan bagaimana caranya sih bisa konsisten nge-blog dengan problema yang saya sempat singgung diatas?

Semoga apa yang hendak saya sampaikan kali ini dapat menjawab pertanyaan tersebut. Inilah beberapa alasan yang saya pegang teguh sehingga saya tetap bisa terus menyukai dan menyenangi kegiatan nge-blog meskipun badai malas seringkali menerpa.

Berbagi Ilmu
Untuk suatu alasan yang saya belum bisa jelaskan, saya sangat senang ketika mendapatkan informasi/ pelajaran/ pengalaman baru. Namun, saya merasa lebih bahagia lagi ketika saya dapat membagikan pengalaman dan pengetahuan saya tersebut ke orang lain. Caranya pun dapat beragam. Terkadang ketika sedang asyik ngobrol dan momennya pas, saya share pengalaman/ pengetahuan baru saya tersebut. Namun, karena momen kadang tidak pas, hasrat untuk berbagi saya pun tidak tersalurkan. Akhirnya, blog menjadi solusi untuk masalah saya tersebut.

Saya juga pernah mendengar kalau ilmu itu diajarkan, maka orang yang belajar akan menjadi tahu dan orang yang mengajarkan menjadi lebih tahu. Maka, dengan saya menuliskan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, secara tidak langsung saya telah menjadi ‘guru’ bagi pembaca-pembaca saya. Keren nggak?

Selain itu, kalau tidak salah saya pernah diajarkan kalau berbagi ilmu yang bermanfaat itu adalah tabungan amal jariyah (amal yang tidak akan putus meski telah meninggal dunia). Well, I think that is just the bonus.

Menambah Relasi dan Teman
Alasan lain kenapa saya terus nge-blog adalah karena Blogger itu ada banyak sekali di dunia ini. Lucu aja rasanya bisa kenalan dan ngobrol dengan Blogger sukses sekelas Mas Adhy, owner KompiAjaib atau Mas Sugeng, owner Sugeng.Id atau Blogger lainnya yang kreatif dan seru. Tak jarang saya dapat informasi terbaru dari update-an mereka di blog mereka. Jadi selain memperpanjang tali silaturahmi, saya juga memperluas wawasan dan relasi saya melalui blogwalking dan link exchange contohnya. Klasik memang, but it works.

Melakukan Kegiatan Positif
Meskipun berstatus mahasiswa (sampai saya selesai menulis artikel ini saya masih berstatus mahasiswa), jujur saya akui saya tidak punya banyak kesibukan. Sering sekali saya mendengar mahasiswa di kampus saya mengeluh tentang padatnya jadwal kampus yang kurikulumnya sama seperti SMA (baca: masuk pagi pulang sore). Tapi saya sendiri tidak terlalu merasa diberatkan dengan hal itu. Banyak waktu luang yang saya miliki, khususnya setelah saya memasuki dua semester akhir. Karena itu saya mencari-cari banyak kegiatan untuk mengisi waktu luang saya seperti ikut kegiatan volunteering, mengajar les, sampai coba-coba bisnis online. Blog menjadi salah satu alat yang tepat untuk saya mengisi waktu luang saya melakukan hal-hal positif seperti menulis. Khususnya menulis artikel blog yang notabene terbebas dari aturan tata tulisan yang sesuai EYD/EBI. Well, I simply found a best activity to fill my free time. What do you think?

My Personal Reminder
Jujur saja, alasan saya terus nge-blog adalah karena blog merupakan personal reminder bagi diri saya pribadi. Menyinggung lagi apa yang saya bilang sebelumnya, dengan nge-blog secara tidak langsung saya mengajarkan orang lain tentang apa yang saya ketahui dan secara tidak langsung juga membuat kita semakin dan semakin paham terhadap ilmu yang kita ajarkan. Harapan saya, apa yang saya tulis dan bagikan di blog ini dapat terus saya ingat sehingga saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. So, buat saya blog itu seperti teman yang mengingatkan saya tentang apa yang pernah saya pelajari. I think if you do this, you will find no reason to stop blogging. Boleh dicoba?

Berkarya dan Berprestasi
For your information, Blogger itu punya pasar dan komunitasnya sendiri. Seringkali mereka ngobrol, berbagi, saling memberi saran dan solusi, dan tentunya berkompetisi. Dengan nge-blog, saya merasa bisa menyalurkan kesenangan saya, yaitu menuangkan ide dan gagasan ke dalam tulisan secara mudah dan tentunya gratis. Tak jarang tulisan saya dihargai dan membuahkan prestasi yang mungkin tak seberapa bagi kawan, namun untuk saya pribadi prestasi dari karya (tulisan) saya tersebut merupakan hadiah luar biasa. Setiap kali saya memikirkan tentang bahagianya mendapatkan penghargaan atas apa yang saya lakukan, saya selalu menjadi bersemangat untuk nge-blog. Mungkin sederhananya, prestasi adalah sebuah inner motivation bagi saya. Alasan ini mungkin nggak in buat kawan. So, don’t judge/ blame me, please.

Penghasilan Tambahan
Nah, poin yan satu ini adalah yang terbilang penting dan krusial. Kenapa? Karena dari 100 blogger yang pernah saya ajak ngobrol, ketika saya tanya, “Kalau blog-mu jadi duid mau?” 100 dari mereka menjawab kurang lebih seperti ini, “Ya mau, lah!” Termasuk saya. Saya nggak bohong kalau saya berharap blog yang saya kelola ini, blog Mazdesu ini, dapat menjadi tambahan penghasilan bagi saya. Namun, entah kenapa saya tidak mau mengharapkan tambahan dari iklan blog seperti Google AdSense saja, tapi saya juga berencana untuk berjualan di blog saya. Ini masih rencana, mungkin beberapa waktu ke depan saya akan memulai rencana saya tersebut. Tunggu aja, ya?

Kesimpulan
Kalau saya tarik kesimpulan, saya mempunyai banyak alasan untuk terus nge-blog meski blog ini tidak menghasilkan apapun untuk saya. Kawan boleh bekaca diri, adakah satu dari alasan yang saya sebutkan sesuai dengan kawan? Atau kawan punya motivasi dan alasan lain untuk tidak berhenti nge-blog? Satu hal yang ingin saya sampaikan pada kawan semua,
Jangan berhenti nge-blog, please!

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan tentang alasan-alasan saya terus nge-blog sampai sekarang. Semoga ada hal baik yang bisa kawan petik dari tulisan yang tidak karuan ini. Semangat menjalani hari. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar