Skip to main content

follow us

Shell Eco-Marathon: One Step to the Better Future
Halo hai, sob~! Pernah dengar tentang Shell Eco-Marathon? Shell Eco-Marathon merupakan sebuah lomba tahunan yang diadakan oleh perusahaan Shell. Sebuah ajang balapan mobil rancangan anak-anak hebat dari berbagai penjuru dunia (termasuk Indonesia).

Shell Eco-Marathon ini bukan memperlombakan kecepatan mobil, bukan pula tentang hebat skill mengemudi si pengemudi, tapi tentang efektivitas dan efisiensi mesin. Ya, lomba ini adalah balapan mobil yang efisien, hemat, dan ramah lingkungan. Yang paling tahan lama, yang paling hemat, yang paling ramah lingkungan, dialah yang akan diakui sebagai pemenang di ajang Shell Eco-Marathon ini. Keren? Banget!

Apa tujuan dari Shell Eco-Marathon?
Dari sudut pandang saya pribadi, tujuan dari Shell Eco-Marathon hanya satu, memberi ruang untuk para jenius muda di bidang engineering agar bisa berkontribusi menciptakan teknologi otomotif yang lebih ramah lingkungan, lebih tepatnya hemat energi dan hemat bahan bakar. Dan itu semua akan berakhir pada satu tujuan besar yang diimpikan oleh semua orang, a better future, masa depan yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan tagline yang diusung oleh Shell, make the future.

Apa manfaat dari Shell Eco-Marathon?
Kalau membahas tentang manfaat, maka saya akan buka dengan mengatakan, “Sesuatu yang dimulai atas dasar kebermanfaatan tak akan pernah habis untuk diceritakan,” Namun, secara umum, manfaat yang dapat kita lihat dan rasakan langsung dari hadirnya Shell Eco-Marathon ini antara lain.

Berkembangnya industri otomotif
Inovasi-inovasi yang diciptakan dalam ajang Shell Eco-Marathon ini sangat mungkin untuk dikembangkan oleh perusahaan otomotif nantinya karena inovasi yang diciptakan merupakan kebutuhan semua orang di masa kini dan masa mendatang, yaitu teknologi yang hemat energi dan bahan bakar.

Karena adanya event ini mungkin di masa depan nanti kita akan melihat banyak mobil-mobil minimalis di jalan. Mobil yang dapat menempuh jarak yang sangat jauh dengan konsumsi bahan bakar yang sangat minim. Mobil-mobil seperti mobil Evansville Mater Dei dari Mater Dei High School ini mungkin nanti akan menjadi tontonan sehari-hari di kehidupan kita. Mungkin? Sangat mungkin. Saya percaya itu.


Meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar
Masih berhubungan dengan inovasi dari para peserta Shell Eco-Marathon itu sendiri, event ini akan berpengaruh pada berkembangan mesin-mesin otomotif dan juga bahan bakar yang ada sekarang. Kalau sekarang 1 liter bisa kita gunakan untuk menempuh jarak 10 sampai 15 kilometer, mungkin nanti 1 liter bensin (atau bahan bakar lainnya) dapat digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang lebih-lebih-lebih jauh lagi. Mungkin 50 Km atau mungkin 100 Km? Nothing is imposibble. Saya masih ingat satu pepatah lama, ‘The only limit is your imagination’.

Bahan bakar alternatif
Jujur, saya menemukan istilah ‘bahan bakar alternatif’ dari film animasi Cars 2. Walau bagaimana pun saya yakin bahwa Shell Eco-Marathon dapat menuntun para engineering ini untuk sampai ke tahap menemukan bahan bakar baru yang mungkin lebih ramah lingkungan, bisa diperbaharui, dan tidak terbatas. Kemungkinan seperti itu kan selalu ada, iya kan?

Membangun semangat berinovasi para pemuda di industri otomotif
Seperti yang saya katakan di awal artikel ini, tujuan Shell Eco-Marathon ini mungkin untuk menyalurkan inovasi-inovasi para engineers muda. Namun, secara tidak langsung Shell Eco-Marathon ini akan membakar semangat para peserta untuk menciptakan produk terbaik yang bisa memberi manfaat maksimal bagi semua orang. Kenapa bisa? Karena ini sifatnya kompetisi, bukan pameran. Ada hadiah yang diperebutkan. Dan hadiahnya juga nggak kecil menurut saya.

Nilai hadiah $3.000 atau setara Rp 42.000.000 (empat puluh dua juta rupiah) dengan nilai rupiah Rp14.000/USD merupakan angka yang cukup pantas untuk diperjuangkan menurut saya. Bukan begitu?

Membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya hemat bahan bakar

Ajang ini bukanlah ajang kecil yang diikuti segelintir orang. Shell Eco-Marathon adalah sebuah ajang kompetisi berskala internasional yang tentu terlihat dan terekspos ke masyarakat. Saya yakin tak sedikit orang yang menaruh perhatian ke event ini.

Sedikit demi sedikit Shell Eco-Marathon seperti menaruh pemahaman bahwa energi dan bahan bakar adalah sesuatu yang cukup penting bagi kita dan kita perlu untuk menghemat kedua hal tersebut. Itu tergambar dari apa yang ditampilkan di ajang tersebut, yaitu mobil-mobil ramah lingkungan, dan juga tagline-tagline yang serupa, seperti ‘make the future’ atau ‘energi masa depan’. Sebuah stigma positif yang coba Shell tanamkan di benak masyarakat, dan tentunya saya sangat mengapresiasi pesan tersebut.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, saya merasa bahwa Shell Eco-Marathon ini adalah salah satu ajang kompetisi yang tidak boleh sampai berhenti atau dengan kata lain saya ingin bilang ‘harus terus berlanjut’ karena pengaruhnya sangat positif bagi banyak pihak, baik itu masyarakat, pemuda (peserta), maupun Shell itu sendiri.

Menurut saya, Shell Eco-Marathon adalah salah satu gerakan untuk bumi yang lebih baik, hidup yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih baik dengan bahan bakar dan teknologi kendaraan yang lebih efisien. Saya harap Shell Eco-Marathon dapat menjadi salah satu jembatan menuju masa depan yang lebih baik, seperti halnya dengan tagline-nya, make the future’. Aamiin.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar