Skip to main content

follow us

Tanah Air

“TANAH AIR”
Tanah air ku tidak ku lupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang ku cintai
Engkau ku hargai

Walaupun banyak negeri ku jalani
Yang mahsyur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Disanalah ku merasa senang
Tanahku tak ku lupakan
Engkau ku banggakan
Halo hai, sob~! Belakangan ini saya sedang senang-senangnya kembali memutar lagu-lagu nasional Indonesia.

Guna mengobati rindu ini, saya pun membuka YouTube dan mulai mencari vidio lagu-lagu nasional seperti Garuda Pancasila, Indonesia Raya, Indonesia Pusaka, dan masih banyak lagu lainnya.

Setelah berselancar cukup lama, saya pun sampai di suatu vidio yang menurut saya menarik. Music video berjudul Lagu Nasional - Tanah Air ( cover ) - EDM x Gamelan by Alffy Rev ft Bianca Jodie & Gasita Karawitan adalah sebuah karya yang menurut saya sangat patut diapresiasi.

Vidio tersebut merupakan kreasi lagu nasional Tanah Air yang dibuat dalam versi EDM.

Hal yang langsung membuat saya menonton vidio ini sampai akhir adalah hadirnya suara Bung Karno yang sangat karismatik dan khas di awal vidio.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah hadirnya permainan gamelan yang cukup intens dan lively dipadukan dengan dentuman EDM yang delisioso cappuccino italio numero uno.

Tapi dari semua hal menarik yang terdapat di dalam vidio tersebut, lirik lagu orisinil dari lagu inilah yang saaaangat berkesan bagi saya. Bagaimana tidak? Bait kedua dari lagu ini berhasil menguatkan tekad saya untuk merantau ke negeri orang (luar negeri), untuk benar-benar memahami arti rindu terhadap ibu pertiwi. Nggak percaya? Coba dihayati bait:
Walaupun banyak negeri ku jalani
Yang mahsyur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Disanalah ku merasa senang
Bait tersebut selalu berhasil membuat saya ikut bernyanyi meski dengan suara yang pas-pasan. Membuat saya bisa berimajinasi tentang realisasi pepatah tua, “Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung,”

Saya belum pernah keluar negeri, tapi lagu ini bisa membuat saya seperti berada di negeri nan jauh disana, membuat saya rindu akan harum ranumnya tanah Indonesia.

Sungguh sebuah karya tulus seorang seniman nasionalis. Setiap baitnya sarat makna. Setiap katanya penuh rasa.

Overall, saya sangat appreciate para content creator yang mau mengkreasikan lagu-lagu nasional seperti lagu Tanah Air ini. Secara tidak langsung, konten seperti ini bisa membuat para pemuda tetap senang terhadap lagu-lagu nasional, bangga untuk menyanyikannya, tak sungkan untuk mengenang dan mempelajarinya, yang mungkin untuk anak muda jaman sekarang terkesan kuno dan lawas.

Saya berharap karya-karya seperti tidak pernah ada habisnya. Dan tentu saya berharap karya-karya seperti ini bukan hanya bisa menghibur kita, tapi juga meningkatkan semangat nasionalisme kita dan kecintaan kita terhadap lagu-lagu nasional.

Aamiin allahuma aamiin ya rabbal’alamin.

Itu saja untuk kali ini. Semoga ada hal baik yang bisa diambil dari tulisan ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya. Oh iya, terlepas dari semua itu, ini hanyalah argumen pribadi saya. Bagaimana menurut kalian?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar