Skip to main content

follow us

Blogger Keren Itu…
Halo hai, sob~! Jadi seorang blogger itu adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi yang memerankannya. Ada kebahagiaan tersendiri bagi yang melakukannya. Tapi, sekarang ini, banyak banget blog yang dibuat bukan untuk mengejar bangga dan bahagia, melainkan uang.

Saya nggak mau omong kosong kalau saya nggak perlu uang. Saya juga memasang beberapa iklan di blog ini kalau-kalau blog ini bisa menghasilkan. Tapi, saya tetap punya sebuah pride sebagai seorang blogger, meskipun saya hanya seorang blogger pinggiran.

Dan selama saya nge-blog, ada beberapa orang dan blognya yang menurut saya sangat keren. Sebutlah salah satu blogger yang saya kagumi adalah mas Adhy Suryadi, owner KompiAjaib. Beliau nge-blog, memberikan edukasi dan wawasan seputar dunia per-blogging-an secara konsisten dan persisten—Asik~. Beliau juga pandai memanfaatkan blog-nya dan pengetahuannya seputar blogging untuk menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara membuat template dan menjualnya.

Saya sangat mengapresiasi blogger sekelas mas Adhy ini. Tapi, secara umum, ada beberapa kriteria blogger keren menurut saya pribadi. Mau tahu blogger keren itu seperti apa? Berikut adalah kriterianya.

Konten Orisinil dan Beda
Blogger yang keren menurut saya adalah blogger yang berani membahas sesuatu yang beda dengan yang lain. Kalaupun membahas topik yang sama, blogger keren itu cenderung membahasnya dari perspektif yang berbeda, atau mungkin dari sudut pandang dia sendiri sebagai seorang blogger.

Blogger keren selalu mencoba membuat sesuatu yang berbeda dan baru. Setiap konten, tulisannya, gambarnya vidionya, selalu diusahakan asli buatan tangannya sendiri.

*Saya sendiri belum bisa sampai ke tahap ini, khususnya untuk konten audio grafis*

“When you do something you love, people will love you for what you do.” Saya pernah dengar istilah itu entah dimana. Artinya kurang lebih kalau kamu melakukan sesuatu yang kamu cintai, orang-orang akan mencintaimu karena apa yang kamu lakukan.

Dan banyak banget blogger yang nge-blog sesuai dengan passion-nya. Ada yang suka fashion, mereka bahas tentang itu. Ada yang suka hujat, mereka bikin blog kritik sosial. Ada yang suka GaJe, mereka buat blog nggak jelas (baca: absurd).

Salah satu blog absurd yang saya sangat apresiasi adalah blog bernama Freethinker Indonesia dengan konten-kontennya yang ‘vulgar’. Sebutlah konten pertama yang bikin saya melongo adalah tulisannya yang berjudul, “Vagina Bersabda”. Silahkan anda imajinasikan sendiri seperti apa kontennya, yang jelas ini bukan cerita sex/ cerita panas/ cerita dewasa.

Intinya, salah satu kriteria blogger keren itu yang tulisannya asli, penuh penjiwaan, dan berani beda. Yakin deh kita bisa ngerasain feel-nya orang yang nulis buat orang lain,  dan orang yang nulis buat uang.

Bahasa yang Digunakan Nyantai
Menurut saya, poin ini adalah salah satu yang cukup penting untuk mendefinisikan sebuah blog yang keren.

Sering saya temukan blog yang bahasanya baaaaaaakuuuuu banget kaya buku RPAL dan RPUL SMP saya. Bahasanya begitu kaku seperti bahasa-bahasa akademisi atau bahasa media, entah apalah istilahnya.

Memang tidak salah, kalau topik yang dibahasnya merupakan topik-topik akademis atau mungkin kalau blog itu dibuat sebagai media informasi, sebutlah portal berita. Tapi kalau blog pribadi/ personal, masa iya bahasanya perlu sebaku dan seformal itu.

Kalaupun konten blognya adalah artikel informasi dan edukasi, jangan juga satu makalah di copy-paste secara utuh dong.

Be calm, be humble aja kali. Tapi, bukan jadi asal-asalan dan nggak ngikutin kaidah juga. Sering saya menemukan orang yang menganggap bahasa nyantai adalah bahasa dia-lo-gue. Kalau nggak make gue, itu nggak nyantai. Nggak gitu juga, keles~

Saya menulis blog ini tetap dengan ‘saya’ dan ‘aku’, bahkan beberapa blogger yang saya kenal dan ketahui menulis nama mereka untuk menggantikan kata ‘saya’.

Intinya, be communicative. Kalau dalam dunia akademis dan media kita dilarang menulis menggunakan bahasa lisan (baca: bahasa ngobrol), maka blog adalah tempatnya kita menulis tanpa kaidah itu. Menulislah seperti halnya ngobrol atau curhat gitu. Biar nggak panik juga.

Aktif dan Komunikatif
Poin yang satu ini sebenarnya lebih saya tekankan pada bagaimana seorang blogger itu trying to solve problems dan bagaimana seorang blogger itu bisa terus memperbaharui kontennya, serta menjaga komunikasi dengan para pembacanya (mungkin dengan menjawab pertanyaan pembaca yang ada di kolom komentar).

Ada loh di luar sana yang bikin konten super wow, tapi setelah di-publish, udah aja penulisnya hilang entah kemana. Sayang banget, kan~ Life is not only about money, kita ngobrol-lah, jangan ngobrol sama yang borju aja. Jangan cuma buat konten yang bisa pageone SERP. Jangan cuma buat konten yang mengandung keyword mahal aja.

Itu nggak salah, sekali lagi itu nggak salah. Tapi kalau itu orientasi utamanya, saya nggak bisa bilang itu blog keren dan yang punyanya udah jelas nggak bisa dibilang blogger keren.

Berprestasi dan Berinovasi
Seorang blogger menurut saya adalah seorang yang menyuratkan ide dan gagasannya ke dalam tulisan. Dan tulisan dari blogger yang berisi ide dan gagasan si blogger saya sebut karya. Meskipun tidak ada HAKI Hak Cipta yang melindungi tulisan-tulisan tersebut dari copy-paste.

Blogger yang keren adalah mereka yang tidak pernah puas untuk berinovasi. Selalu ada gagasan di kepala mereka, contoh sederhananya adalah Pandji Prajiwaksono yang menuliskan kritik-kritik terhadap yang terjadi di Indonesia dan dunia dari perspektifnya dan pengalamannya di blognya.

Salah satu tulisannya dia jadikan Ebook yang judulnya Menghargai Gratisan. Ini adalah karya. Blogger yang keren itu akan selalu mencoba menciptakan karya, dan salah satu bentuk karya dari seorang blogger adalah tulisan yang bisa berpengaruh kepada pembacanya.

Dan, meskipun dari karya-karya tersebut seorang blogger tidak mendapatkan piala atau piagam penghargaan, sebenarnya mereka telah berprestasi dengan caranya sendiri. Karena sebuah karya yang bisa berpengaruh dan berkesan adalah sebuah pencapaian yang tidak semua orang bisa melakukannya. So, be it!

Never Stop Learning
Ini adalah salah satu faktor penting seorang blogger dikatakan keren. Nggak pernah berhenti belajar. Sebutlah idola saya yang diawal saya sebut, Mas Adhy, dia itu sangat senang belajar dan berbagi ilmu.

Duuuluuuu, ketika HTML5 sedang berjaya, mas Adhy ngoprek tentang HTML5 dan bikin banyak tutorial mengenai HTML5 ini. Tapi, sejak Google hadir dengan AMPHTML-nya, mas Adhy pun ‘banting stir’ merubah blognya menjadi AMPHTML dan mulai aktif berkecimpung di dunia AMPHTML ini.

Buat kalian yang suka mengikuti perkembangan SEO atau design blog pasti familiar dengan dua istilah diatas.

Nah, yang bikin saya keren adalah semangat ‘mau-tahu’nya mas Adhy yang kayanya nggak ada habisnya. Berbeda dengan beberapa blogger yang mungkin cuma ikut-ikutan kata orang aja. Nggak mencoba mengkaji dan menilik kebenaran.

Dan blogger itu harunsya kaya air sungai di pegunungan, selalu mengalir mengikuti arus perkembangan zaman. Ketika masanya ada perubahan, blogger siap membuat konten yang bisa mengisi zaman tersebut. Bahasa kerennya sih, always update and up-to-date. Gila bahasaku~

Blogger itu kalau saya istilahkan adalah seorang pengajar sekaligus pembelajar. Kalau blogger udah kaya gitu, wah keren banget tuuh~!

Taat ibadah, berbakti pada orang tua, rajin menabung, dan suka menolong sesama
Oke, ini adalah poin terakhir saya. Blogger keren itu pastinya:
  • Nggak meninggalkan ibadah, karena mereka tahu, kalau akhirat dan dunia harus berjalan beriringan.
  • Berbakti pada orang tua, karena mereka tahu, orang tualah alasan mereka ada di dunia, alasan mereka bisa nge-blog. Orang tualah yang membuat mereka kala malam romantis dan hangat itu tiba. Kala ayah lupa untuk menahan atau memakai pengaman. Duh, apa lagi~
  • Rajin menabung dan tidak hura-hura, karena mereka tahu, apa yang mereka punya itu pasti habis sehingga mereka harus berinvestasi dan menyimpan untuk masa depan nanti. Karena mereka tahu bahwa hidup di masa depan mungkin akan jungkir balik. Jadi mereka menabung, agar ketika hidup mereka di bawah nanti, mereka bisa menopang diri dengan cara mandiri secara ekonomi.
  • Suka menolong sesama tanpa pamrih, karena mereka sadar, mereka pun tahu sesuatu dari orang lain, belajar sesuatu dari orang lain, dan kebanyakan dari itu semua mereka dapatkan dari orang lain. Karena mereka sadar, secara tidak langsung, mereka juga selalu ditolong oleh orang lain tanpa pamrih.

Well, hati itu berbeda-beda, dan cara merasanya pun tak sama. Jadi, wajar kalau kita punya idola yang tak serupa atau justru 180 derajat berbeda. Yang jelas, blogger keren itu pasti ada dan harus ada. Atau mungkin kita salah satunya, bisa saya atau bisa juga anda. Kalau seorang blogger udah disebut keren oleh pembacanya, apalagi oleh blogger lain, maka dialah legenda.

Mungkin segitu aja yang bisa saya tulis kali ini. Jangan lupa untuk berkomentar, karena setiap satu komentarmu bisa membuat saya menjadi blogger yang lebih keren. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar