Skip to main content

follow us

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmannirahim

Berdasarkan beberapa sumber yang saya temukan, ada yang beranggapan membatalkan ada juga yang tidak. Saya pun mengambil pendapat bahwa mimisan tidaklah membatalkan wudhu karena hal apapun yang keluar selain dari kelamin dan dubur (anus) tidak membatalkan wudhu. Jadi, baik darah yang keluar dari hidung (mimisan), keringat, maupun muntah tidaklah membatalkan wudhu.

Adapun pertanyaan yang berkenaan dengan mimisan adalah apakah pakaian menjadi najis bila terkena darah dari mimisan? Maka pendapat yang saya ambil adalah bahwa pakaian kita tidaklah najis tapi tetap perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengerjakan sebuah ibadah (seperti sholat). Adapun dibersihkan adalah agar tidak mengganggu orang lain dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan (seperti aroma yang tidak sedap).

Hal tersebut didasarkan pada kisah sahabat Umar bin Khattab Radiyallahu anhu yang tetap melanjutkan sholat kala bajunya berlumuran darah akibat ditusuk oleh Abu Lu’luah.

Wallahu’alam bishshawwab.

Bila teman-teman punya pendapat lain, jangan sungkan untuk mendiskusikannya melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih telah berkenan membaca dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

Referensi:
  • https://muslimafiyah.com/shalat-dengan-darah-di-baju.html
  • https://kesehatanmuslim.com/apakah-mimisan-membatalkan-wudhu/
  • https://islamqa.info/id/88040
  • https://rumaysho.com/940-dalil-ulama-yang-menganggap-darah-tidak-najis.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar