Skip to main content

follow us

5 Hal yang Dapat Menggagalkan Seorang Untuk Menjadi Shaleh
Menjadi seorang muslim sejati yang dapat selalu mendekatkan diri kepada Allah dan selalu diberi petunjuk oleh-Nya adalah suatu mimpi dan idaman seluruh umat. Namun tahukan kalian, ada lima perkara yang dapat menggagalkan kita untuk menjadi pribadi idaman tersebut?

Ali bin Abi Thalib, sahabat sekaligus sepupu Rasulullah SAW telah berkata bahwa jika tak ada lima keburukan ini di dunia, tentu semua manusia akan menjadi orang saleh. Apa sajakah lima keburukan tersebut?

1. Merasa senang dengan kebodohan

Ini artinya seseorang membiarkan dirinya merasa nyaman dengan ketidaktahuan dalam ilmu agama. Rasulullah SAW bersabda:
“Allah membenci orang yang pandai dalam urusan dunia tetapi bodoh dalam urusan akhirat.” (HR. Al-Hakim, Shahih Jami’ Ash Shaghir).

2. Tamak dan serakah dengan dunia

Betapa kecintaan dan ketamakan dunia selalu membawa petaka. Belum lagi petaka mental yang merusak negeri ini. Korupsi, kolusi dan juga kebiasaan berbohong demi citra diri semua bermuara pada satu kata ‘tamak terhadap dunia’.

3. Bakhil atas harta yang dimiliki

Allah SWT berfirman:
“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan akan dikalungkan kelak di lehernya pada hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(Q.S. Ali ‘Imran: 180)

4. Riya dalam beramal

Riya’ berarti juga pamer, yaitu melakukan satu amal ibadah dengan maksud mendapatkan pujian dari manusia. Rasulullah SAW menegaskan bahwa riya termasuk dalam kategori syirik kecil, dalam salah satu sabdanya “Sesungguhnya sesuatu yang sangat saya khawatirkan atas dirimu adalah syirik kecil, yaitu riya.” (HR.Ahmad).

5. Ujub atau membanggakan diri

Yaitu merasa diri paling sempurna dibandingkan dengan yang lain. Ketidakbolehan perasaan ujub ini dikhawatirkan pada lahirnya kesombongan, dan kesombongan itu sendiri merupakan sifat Allah yang tidak boleh ada dalam diri manusia.

Itulah kelima hal yang dapat menggagalkan kita untuk menjadi seorang muslim sejati dan sebagai bagian dari umat muslim yang mencintai Allah diatas segalanya, sudah sepatutnya kita berusaha menjauhi kelima perkara tersebut.

Semoga kita semua dapat melakukannnya agar kelak kita diberikan tempat terbaik disisi-Nya dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah-Nya kepada kita semua agar kita dapat menjalani hidup ini dengan tetap berpegang pada islam. Aamiin.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar