Skip to main content

follow us

Kenapa Harus Belajar Bahasa Inggris?
Kita pasti sepakat bahwa belajar adalah suatu keharusan bagi kita semua. Kita pasti sepakat bahwa belajar itu kunci kesuksesan di masa depan, betul tidak? Tapi, terkadang kita itu bertanya-tanya, kenapa sih kita harus belajar ini, kenapa sih kita harus belajar itu? Beberapa mata pelajaran yang sering diragukan manfaatnya adalah bahasa asing, kimia, dan fisika.

Nah, sekarang saya mau mencoba menjelaskan manfaat dari mempelajari bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris dilihat dari berbagai sudut pandang. Saya harap, tulisan saya ini bisa menjadi bahan diskusi bagi kita.

Tidak Nasionalis
Untuk apa kita mempelajari bahasa Inggris padahal kita punya bahasa sendiri dan kadang masyarakat kita sendiri pun masih awam dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Argumen tersebut sering digunakan untuk mereka yang merasa sangat pancasilais, sangat nasionalis.

Bagaimana menurut kalian? Setujukah kalian dengan pandangan seperti itu?

Saya pribadi merasa pikiran seperti itu sangatlah sempit. Ketika kita mempelajari bahasa orang lain, bukan berarti kita tidak mencintai dan menghargai bahasa sendiri. Hal yang sama ketika kita memilih untuk kuliah di luar negeri, bukan karena kita tidak cinta terhadap universitas di dalam negeri, tapi semata karena kita sadar ada manfaat lebih dengan melakukannya.

Makna nasionalis yang sebenarnya menurut saya adalah seperti yang guru Bahasa Indonesia saya sebutkan, kita memanfaatkan bahasa daerah kita untuk menguatkan bahasa Indonesia kita begitupun kita manfaatkan bahasa asing yang kita ketahui untuk memperkuat bahasa Indonesia kita. Contoh sederhananya adalah hadirnya kata serapan 'ngabuburit' atau 'demokrasi'.

Tidak Bermanfaat~
Ada beberapa orang yang bilang kalau belajar bahasa Inggris itu sia-sia, nggak ada manfaatnya. Toh saya nggak punya cita-cita untuk pergi ke luar negeri. Saya juga nggak ada rencana buat kawin sama bule. Jadi, buat apa repot-repot belajar bahasa Inggris? Pernah dengar pernyataan seperti itu? Saya pernah.

Memang salah satu manfaat dari belajar bahasa Inggris adalah supaya bisa ngobrol sama bule. Tapi, itu bukan satu-satunya manfaat.

Mungkin kawan juga tahu bahwa sekarang ini bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Hampir semua aspek kehidupan kita ini berkenaan dengan bahasa Inggris, khususnya dalam dunia bisnis dan teknologi.

Bayangkan kalau kita buta bahasa Inggris lalu kita mau naik pesawat di bandara internasional, bisa nyasar-nyasar kita karena tanda arah di bandara internasional menggunakan bahasa Inggris.

Ketika kita beli handphone, maka menu awal dari handphone kita itu biasanya berbahasa Inggris, buku panduannya pun biasanya berbahasa Inggris.

Jadi, dengan belajar bahasa Inggris, kita akan memperoleh banyak manfaat yang mungkin kita rasakan tanpa kita sadari.

Belum lagi, sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu kualifikasi buat kita-kita yang sedang mencari kerja. So, this point might explained the how important learning English is!

Bahasa Inggris Itu Bahasa Orang Kafir!
Ngapain belajar bahasa Inggris? Bahasa Inggris itu bahasa orang kafir. Jangan pakai apa-apa yang dipunyai oleh orang kafir. Kalau kita mempelajarinya, nanti kita termasuk orang-orang yang meniru kafir. Mending belajar bahasa Arab. Itu bahasa umat Islam.

Baik, pertama, apakah dosa apabila kita mempelajari bahasa Inggris? Jawabannya tidak. Justru bagus dan bahkan direkomendasikan karena itu pun dilakukan oleh salah seorang sahabat nabi, Zaid bin Tsabit. Gunanya? Agar kita tidak dibodohi dan diperolok menggunakan bahasa mereka dan agar kita bisa berkomunikasi baik dengan mereka.

Kedua, saya setuju belajar bahasa Arab itu baik karena memang itu bahasa umat Islam. Tapi, tidak berarti belajar bahasa lain, bukan saja bahasa Inggris, tetapi juga bahasa Jepang, Jerman, Korea, Francis, adalah sesuatu yang tidak diperlukan.

Jadi, belajar bahasa Inggris bukan termasuk salah satu kriteria meniru suatu kaum.

Tulisan ini adalah rangkuman saya atas tulisan yang lebih kredibel dan lengkap. Bila kawan ingin membaca tulisan tersebut, silahkan klik link yang saya cantumkan di bagian referensi. Harapan terbesar saya, semoga tulisan saya ini dapat membuka diskusi mengenai topik ini.

Terima kasih telah berkenan membaca. Jangan lupa untuk memberi komentar dan membagikan tulisan saya ini. Semoga ini

Referensi
https://www.hidayatullah.com/kajian/oase-iman/read/2015/07/22/74376/haramkah-mempelajari-bahasa-asing.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar