Belajar AdSense: Apa Itu AdSense?

Belajar AdSense: Apa Itu AdSense?

Belajar AdSense - Kalau kita membahas tentang ‘mencari uang di internet’, maka AdSense pasti akan menjadi salah satu topik bahasan. Ya, AdSense adalah primadona bagi para pencari uang online.

Saking luar biasanya, ada orang yang membuat syukuran sendiri atas keberhasilannya memiliki akun AdSense. Baru punya akun, ya! Belum berpenghasilan dari AdSense-nya.

Nah, tapi mungkin buat kita-kita yang awam atau baru terjun di dunia online agak sedikit kebingungan saat mendengar istilah AdSense ini. Oleh sebab itu, kali ini saya akan sedikit menjelaskan dan memperkenalkan tentang si cantik idola semua money hunter ini.

Apa itu AdSense?

Hal pertama yang perlu kita ketahui dan ingat baik-baik bahwa Adsense adalah produk Google. Google AdSense adalah situs pengiklanan atau situs penayangan iklan dari Google Ads. Kalau anda masih belum juga paham, silahkan anda scroll tulisan ini, di bagian awal di bawah judul artikel ini, di samping, juga di bagian bawah artikel ini terdapat iklan-iklan yang mungkin berbeda-beda. Itulah iklan AdSense.

Fungsi AdSense

Seperti yang saya katakan sebelumnya, AdSense adalah produk Google yang menayangkan iklan dari para pemasang iklan di Google Ads.

Jadi, bagi seorang pebisnis, Google AdSense merupakan media promosi yang murah dan juga efektif untuk memperkenalkan brand dan produk mereka, serta meningkatkan jumlah penjualan mereka.

Sedangkan bagi kita (saya khususnya; content creator), Google AdSense adalah media penghasil uang (sumber penghasilan) karena AdSense mampu menghubungkan kita dengan perusahaan-perusahaan pengiklan tanpa perlu repot-repot memasukkan proposal pada perusahaan tersebut.

Sampai disini, apakah masih ada yang bingung tentang fungsi dari Google AdSense ini?

Saya rasa tidak~

Yuk kita lanjut.

Kenapa harus AdSense?

Ya, salah satu pertanyaan penting yang seringkali ditanyakan adalah ‘Kenapa AdSense?’

Kalau kita pikir-pikir lagi, memang aneh, kenapa ya? Tapi, setelah saya merenungkannya, inilah alasan kenapa AdSense menjadi primadona dalam pengiklanan online.
  • AdSense berada di bawah nama perusahaan raksasa bernama Google, yang tentunya membuat kredibilitas AdSense secara otomatis pula tak bisa diragukan.
  • AdSense mempunyai sistem seleksi, pembayaran, serta pengawasan yang ketat, membuat pengiklan yakin dengan hasil yang dicapai dengan beriklan di AdSense.
  • AdSense terhubung ke segala macam media; blog, website, YouTube, aplikasi handphone, sampai ke Google Custom Search Engine.
Bagi publisher (seperti saya) tawaran dari Google AdSense terbilang layak dan manusiawi. Dan menurut saya, alasan ini merupakan alasan terpenting kenapa Google AdSense sangat diidamkan oleh banyak web developer maupun blogger.

Memang benar bahwa masih banyak situs pengiklanan lain yang juga kredibel dan layak dicoba, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa eksistensi Google AdSense tetap menjadi nomor satu.

Biasanya para pebisnis mengiklankan produknya di Google baru mengiklan di situs lain untuk memperluas jangkauan iklan mereka, atau mungkin tidak? Bagaimana menurutmu?

Cara mendapatkan AdSense

Baik, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah tentang bagaimana caranya mendapatkan akun AdSense? Dimana daftarnya? Apa saja syaratnya?

Oke, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya akan coba membahasnya di tulisan saya selanjutnya, jadi santai dulu.

Hal pertama yang perlu anda persiapkan untuk bisa mendapatkan akun AdSense adalah produk digital. Apapun itu.

Jika anda suka menulis, cobalah membuat sebuah blog, boleh menggunakan Blogger yang juga merupakan produk Google dan gratis. Boleh juga membuat yang berbayar. Itu kembali lagi kepada keuangan anda.

Jika anda suka membuat konten audio visual, cobalah bermain di YouTube. Ciptakan video-video yang menghibur atau video-video yang edukatif dan informatif.

Jika anda suka bermain-main dengan coding serta gemar mengembangkan teknologi, maka tak ada salahnya anda coba membuat sebuah aplikasi mobile berbasis Android. Boleh itu dalam bentuk game ataupun aplikasi yang bisa digunakan sehari-hari (utility tools).

Intinya, buatlah sebuah konten digital yang bermanfaat bagi orang lain.

Setelah anda mempunyai satu hal tersebut, silahkan daftarkan (baca: jual) konten anda ke Google AdSense. Google sangat mengapresiasi konten-konten positif serta orang-orang yang berusaha memberikan pengaruh positif melalui konten mereka dengan menciptakan peluang bisnis.

Untuk pembahasan lebih jauh tentang cara mendaftar dan hal-hal lainnya, akan saya bahas nanti.

Jadi, itulah pengenalan yang bisa saya sampaikan tentang si cantik Google AdSense ini. Tulisan ini sekaligus menjadi pembuka untuk pembahasan mengenai AdSense yang lebih jauh lagi.

Doakan semoga saya istiqomah dalam meng-update informasi seputar AdSense.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

Comments

Untuk kawan yang mau ngasih komentar, kritik, saran silahkan login akun Google kalian. Baru nanti bisa komen disini. Nggak punya? Buat~!