Skip to main content
Cara Memasang Lazy Load Google AdSense
Punya sebuah blog yang loadingnya cepat tapi tampilannya tetap kece adalah impian semua blogger termasuk saya. Salah satu faktor yang membuat loading blog jadi berat adalah iklan.

Ya, iklan. Khususnya iklan yang berasal dari third-party seperti AdSense atau iklan lain dari situs pengiklan.

Nah, beberapa waktu belakangan saya menemukan sebuah cara dari blog Arlina Design bahwa iklan dari Google AdSense ternyata bisa dibuat ringan dan cepat yaitu dengan menggunakan javascript Lazy Load.

Apa itu lazy load?

Sebelum saya jelaskan cara memasangnya, kita perlu tahu dulu apa itu lazy load supaya kita paham apa yang mau kita pasang. Masa iya kita makan tanpa lihat dan ngerti lauknya itu apaan, beracun atau nggak? Iya kan?

Lazy load itu adalah sebuah kode sederhana untuk menunda ekstraksi sebuah script sebelum terlihat di halaman.

Simpelnya, lazy load membuat sebuah script tidak dulu dijalankan sebelum terlihat di layar. Contohnya adalah iklan yang kita simpan di bagian bawah artikel. Nah, si iklan ini tidak akan dimuat oleh browser sebelum kita scroll terus sampai ke bagian paling bawah artikel.

Gitu!

Paham, kan?

Kalau belum paham juga, coba kita perhatikan gambar di bawah. Gambar ini adalah hasil penerapan lazy load Google AdSense di blog ini.

Kelihatan kan perbedaan score sebelum dan sesudahnya?

Intinya, cara ini membuat loading blog Mazdesu lebih wuss wuss wuss!

Buat kalian yang ingin menerapkan tips ini di blog kalian, silahkan ikut panduan singkat berikut.
  1. Silahkan cari kode berikut:
    <script async src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>
    Kode ini mungkin sedikit bervariasi atau lebih dari satu. Jadi, pastikan kawan menemukan semuanya.
  2. Jika sudah ketemu, silahkan hapus semua kode yang berbentuk seperti itu.
  3. Selanjutnya, silahkan cari kode ini:
    </head>
  4. Silahkan pasang script berikut ini di atas kode </head>
    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    // Lazy Load AdSense
    var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
    //]]>
    </script>
  5. Selesai.
Yang perlu kawan lakukan selanjutnya adalah lakukan perbandingan kecepatan loading blog kawan sebelum dan setelah menerapkan tips ini.


Itulah yang bisa sampaikan tentang Cara Memasang Lazy Load Google AdSense. Semoga tips ini bekerja di blog-mu. Selamat mencoba dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

follow us