Perumpanaan Rasulullah dan UmatNya

Perumpanaan Rasulullah dan UmatNya
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tulisan ini bukanlah tulisan saya pribadi. Jujur saya mengutip ini dari salah satu kiriman yang masuk ke WhatsApp saya. Bila benar datang dari Allah dan bila salah itu sepenuhnya keteledoran saya. Harap maklum.

Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan ummatku, adalah seperti orang yang menyalakan api. Lalu serangga dan kupu-kupu datang dan masuk ke dalam api tersebut. Aku adalah orang yang menahan kalian dari belakang, tetapi kalian nekad masuk padanya." [HR. Muslim juz 4, hal. 1789]

Hikmah Hadist

Dari hadist tersebut, ada beberapa pelajaran/ hikmah yang bisa kita ambil.

Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasalam berkendak memberikan perumpamaan beliau dengan umatnya. Seperti orang yang menyalakan api lalu serangga dan kupu-kupu ingin masuk ke dalam api itu. Ini merupakan kebiasaan hewan-hewan itu, bila ada api dinyalakan di atas tanah datang dan ingin masuk ke dalamnya. Maka tatkala ada yang ingin mencegahnya masuk ke dalam api tapi mereka enggan tidak memperdulikannya. Itulah sabda Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa salam, sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan umatku.

Hadits ini juga menunjukkan bagaimana keinginan yang kuat Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa salam menjaga umatnya untuk tidak masuk ke dalam neraka. Tapi umatnya kadang masih saja enggan dan berpaling. Maka sudah seharusnya kita selaku umat selalu berusaha menyelamatkan dirinya dengan menjaga sunah-sunahnya, dengan mentaatinya. Karena dengan sunahnya, Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasalam ingin memberikan petunjuk akan kebaikan dan menjaga dari keburukan dunia dan akhirat.

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya." (QS. Al-Hasyr 59: 7)


Semoga tulisan sederhana ini bisa menjadikan kita pribadi yang lebih cinta terhadap Allah dan Rasul-Nya dibuktikan dengan menghidupkan sunnahnya serta menjauhi segala larangan-Nya.

0 Response to "Perumpanaan Rasulullah dan UmatNya"

Post a Comment

Untuk kawan yang mau ngasih komentar, kritik, saran silahkan login akun Google kalian. Baru nanti bisa komen disini. Nggak punya? Buat~!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel