TENTANG MAZDESU

Mazdesu merupakan personal blog yang saya buat pada tanggal 10 Mei 2017. Blog ini dikelola dan dikembangkan oleh seorang saya (Akhmad Syahroni: baca di bagian About Me) secara independen. Awalnya, Mazdesu merupakan sebuah tempat yang ingin saya jadikan sebagai online diary sama halnya seperti Raditya Dika. Namun, semakin hari saya merasa bahwa blog mempunyai potensi yang lebih besar dari sekedar catatan sehari-hari. Jadi, saya pun berusaha untuk memanfaatkan potensi itu dengan menuliskan dan membagikan informasi-informasi yang menurut saya bermanfaat bagi keberlangsungan hidup dan kehidupan insan manusia. Sebenarnya ini adalah blog baru yang saya buat guna melanjutkan blog lama saya yang dulu beralamatkan www.masdesu.com. Namun karena beberapa kendala teknis, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan perpanjangan sewa domain tersebut.

Di Mazdesu, saya akan berbagi beragam artikel yang tentunya harus memiliki nilai positif bagi kehidupan. Artikel yang saya publikasi di blog ini dapat berupa tips and trick, karya sastra (cerpen, puisi, prosa, dll.), diary, pelajaran sekolah dan materi kuliah, review, gurat opini, maupun artikel informasi lainnya seperti berita dan fenomena. Artikelnya pun dapat merupakan tulisan asli saya maupun kutipan dari tulisan orang lain yang menurut saya layak untuk disebarluaskan. Tentu saya tetap mengikuti etika meng-copy karya dengan terlebih dahulu meminta izin penulis.

Kenapa Mazdesu?
Kalau kalian sebelumnya pernah mengikuti blog lama saya, Masdesu.com, mungkin kalian sudah tahu alasannya. Alasannya sederhana. Kalian pernah dengan kata ‘madesu’? Ketika mendengar kata tersebut, apa yang terlintas di pikiran kalian? Masa Depan Suram? Masa Depan Sukar? Yang jelas kata ‘madesu’ itu memiliki konotasi yang negatif di telinga masyarakat tercinta kita, masyarakat Indonesia. Dari situ saya pernah berkeinginan untuk merubah pandangan masyarakat terhadap kata ‘madesu’ itu menjadi positif.

Oleh karena itu, saya membuat blog dengan nama Madesu. Namun, karena blog tersebut sudah digunakan oleh segelintir orang sebelum saya dan ternyata blog yang menggunakan nama ‘madesu’ ini berbau jejepangan, maka saya memutuskan untuk menyisipkan huruf ‘S’ di tengah kata madesu tersebut sehingga terlahirlah blog dengan nama ‘Masdesu’ yang saya harap dapat membentuk stigma ‘Masa Depan Sukses’ di kepala masyarakat Indonesia.

Untuk penggunaan huruf ‘S’ itu sendiri, sejujurnya tidak ada makna khusus. Saya hanya menggunakan huruf ‘S’ karena menurut saya huruf ‘S’ itu enak dilihat dan saya sangat menyukainya. Secara lebih signifikan, alasan saya menyukai huruf ‘S’ adalah karena nilainya dalam game lebih tinggi dari ‘A’. Untuk kalian yang suka bermain game MMORPG pasti tidak asing dengan sistem pemeringkatan dimana urutannya adalah S – A – B – C – D – E dengan ‘S’ adalah nilai tertinggi dan ‘E’ adalah nilai terendah. Bahkan terkadang urutannya adalah SSS – SS – S – A – B – C – D – E. Makna tersirat dari penggunaan huruf ‘S’ ditengah kata ‘madesu’ adalah harapan bahwa kata ‘madesu’ dapat menjelma menjadi kata yang memiliki makna positif yang terbaik.

*Gila ngarangnyaaa.*

Di blog baru ini, karena nama Masdesu tidak lagi bisa digunakan, saya menggunakan alternatif dari huruf S yang biasa digunakan di Indonesia, yaitu Z. Simple, kan?

TOPIK DI MAZDESU

Biar kawan nggak bingung ketika ingin membaca di blog ini, silahkan pahami dulu topik-topik di blog ini.
#AudioVisual
Postingan bertopik #AudioVisual adalah postingan yang lebih mengunggulkan audio serta visual dan tidak terlalu banyak menyuguhkan tulisan. Kurang lebih, postingan dengan topik ini dibagi menjadi seperti ini:
  • Audio: Podcast
  • Visual: Infografis, Esai Foto
  • Audio Visual: One Minute Booster, Short Movie, Vlog

#BergerakBersamaMazdesu
Topik ini adalah topik khusus yang saya buat sebagai bentuk kampanye online saya. Topik #BergerakBersamaMazdesu adalah postingan yang bertujuan untuk memberitakan gerakan positif atau kampanye yang Mazdesu dan kawan-kawan Mazdesu lakukan. Beberapa gerakan yang ingin Mazdesu kampanyekan melalui tagar #BergerakBersamaMazdesu diantaranya gerakan One Day One Hadist (ODOH), One Day One Ilmu (ODOI), One Day One Juz (ODOJ), One Day One Kindness (ODOK), dan One Day One Literacy (ODOL). Nanti saya kabari lagi maksud dari masing-masing gerakan tersebut.

#Diary
Topik ini bisa dibilang topik personal yang isinya seputar cerita keseharian, curahan hati pelipur lara penghilang luka, atau sekedar coretan nggak jelas kala gabut menyerang. Intinya, semua yang tertulis dalam topik ini sifatnya personal.

#Kreasi
Topik #Kreasi adalah topik khusus yang fokus menampilkan karya-karya anak bangsa, khususnya karya literasi seperti cerita pendek, cerita bersambung, pantun, puisi, lirik lagu, musikalisasi, naskah film sampai ke film pendek.

#Opini
Dalam artikel bertopik #Opini, saya akan mencoba memberikan pandangan saya (si manusia yang bodoh) terkait masalah yang sedang terjadi dan mencoba memberikan solusi yang harapannya aplikatif dan solutif. Masalah yang dibahas pun tak dibatasi, mau itu masalah sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, masalah apapun yang sekiranya perlu untuk dibahas maka akan saya bahas. Topik  ini mungkin akan menjadi salah satu yang akan sering saya bahas. Kenapa? Karena yang namanya masalah itu selalu ada dan akan selalu ada setiap harinya, bener nggak?

#Review
Mungkin kawan sudah bisa menebak artikel seperti apa yang akan muncul di topik #Review ini. Artikel dengan topik #Review merupakan artikel yang berisi ulasan tentang suatu produk, film, bacaan, musik, atau apapun yang bisa diberi penilaian. Perlu diingat bahwa ulasan versi Mazdesu tidaklah terlalu dalam dan menggunakan teori-teori yang begitu wah-nya. Namun sebisa mungkin saya usahakan ulasan yang dipublish di blog ini bisa menjadi referensi bagi pembaca. Jadi, nggak usah khawatir.

#Tips
Postingan dengan topik #Tips sudah tentu merupakan artikel yang berisi saran, tips and trick, rekomendasi atau berbagi pengetahuan how to yang membantu dan jelas bermanfaat bagi pembaca. Tips yang diberikan juga membahas beragam hal, mulai dari yang sederhana seperti cara memasak telur dadar, sampai yang agak ribet seperti cara mengendalikan mimpi ketika tidur. Keren kan? Tungguin aja~

#Wawasan
Artikel dengan topik #Wawasan mungkin terbilang topik yang paling luas. Tujuan utama dari artikel-artikel bertopik #Wawasan adalah untuk membuat pembaca mengatakan, “Ohh, jadi gitu!” atau bahasa kerennya adalah nice-to-know information, yaitu informasi yang mungkin nggak kepake tapi nggak rugi untuk tahu. Artikel yang mungkin masuk ke topik #Wawasan adalah berita, informasi up-to-date, maupun fakta unik, gaya hidup, bisnis, beasiswa, lowongan kerja, dan masih banyak lainnya termasuk label khusus Khasanah Islam.

TENTANG PENULIS MAZDESU

Akhmad Syahroni (Click To Read More About Me)

Untuk sekarang, itu saja yang bisa saya jelaskan tentang Mazdesu. Again, if there are stuff you want to ask about this blog, be kind to ask thru the comment box below!

Comments

Untuk kawan yang mau ngasih komentar, kritik, saran silahkan login akun Google kalian. Baru nanti bisa komen disini. Nggak punya? Buat~!